Materi Untuk Pendidikan Anak~Sobat semilir, sudah sepatutnya bagi kita kaum muslimin menjadikan Al-Quran sebagai hudan (petunjuk) dalam setiap langkah kehidupan kita. Tak luput pula halnya mengenai pendidikan anak-anak kita. Selayaknya kita bercermin kepada teladan-teladan yang tertera didalamnya.
Didalam Al-Quran, Allah Azza Wajalla telah menerakan kisah yang sangat sempurna untuk kita simak dan kita teladani. Yang dapat menjadi contoh terbaik bagi kita, yakni kisah keteladanan Lukman dalam mendidik anaknya. Lukman seorang hamba yang dianugerahi hikmah oleh Allah Ta'ala dan diperintahkan untuk senantiasa bersyukur kepada Allah Azza Wajalla sebagaimana yang tercantum didalam surat Luqman ayat 12 s.d 19. Didalamnya terkandung materi untuk pendidikan anak yang dapat kita jadikan acuan bagi umat Nabi Muhammad Sallallaahu 'Alaihi Wasallam hingga akhir zaman.

  1. Mengajarkan anaknya untuk tidak menyekutukan Allah Azza Wajalla dengan sesuatupun.
  2. Mengajarkan anaknya untuk senantiasa bersyukur kepada Allah Allah Azza Wajalla.
  3. Mengajarkan anaknya agar senantiasa berkhidmat dan berterimakasih kepada ayah dan ibu.
  4. Mengajarkan anaknya untuk tidak patuh kepada orang tua yang mengajak kepada dosa, tetapi tetap harus bergaul dan berkomunikasi dengan mereka secara baik.
  5. Mengajarkan anaknya agar mengikuti jejak orang-orang yang kembali kejalan Allah Azza Wajalla.
  6. Mengajarkan anaknya untuk meyakini bahwa setiap amal kebajikan yang dilakukan sekecil apapun akan mendapat balasan dari Allah Azza Wajalla.
  7. Mengajarkan anaknya untuk mengerjakan shalat.
  8. Mengajarkan anaknya agar menyuruh orang lain berbuat baik.
  9. Mengajarkan anaknya agar mencegah orang dari berbuat jahat.
  10. Mengajarkan anaknya agar sabar atas musibah yang menimpanya.
  11. Mengajarkan anaknya untuk tidak memalingkan mukanya dari orang lain karena sombong.
  12. Mengajarkan anaknya untuk tidak berjalan dengan angkuh dan takabbur.
  13. Mengajarkan anaknya agar berjalan dengan sederhana.
  14. Mengajarkan anaknya untuk melunakkan suara ketika berbicara.
Itulah butir-butir pokok materi untuk pendidikan anak yang diamalkan oleh Lukman terhadap anak-anaknya yang dimaktubkan oleh Allah Azza Wajalla didalam Al-Quran agar menjadi contoh bagi kita umat Nabi Muhammad Sallallaahu 'Alaihi Wasallam hingga akhir zaman. Mudah-mudahan dapat kita praktekkan ketika kita mendidik anak kita. InsyaAllah. Wallahu A'lam.~Semilir hati

0 comments:

Poskan Komentar

Jika sobat merasa informasi ini bermanfaat, silahkan sobat memberikan komentar. Jika sobat hendak men-COPY ARTIKEL INI, MOHON KIRANYA MENCANTUMKAN SUMBERNYA, MARI KITA SALING MENGHARGAI HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL. Jangan lupa, klik Google+ diside bar sebelah kiri