04.07
0

Roadshow ICT Kab. Pelalawan~Setelah sebelumnya saya dan teman-teman mengunjungi Kab. Siak dan Bengkalis dalam rangka tur Roadshow ICT Keliling LPMP Riau tahuin 2011, saat ini kami sudah berada di Kab. Pelalawan melanjutkan tur roadshow ICT keliling yang merupakan kabupaten ketiga yang kami kunjungi. Alhamdulillah setelah seharian tadi kami menaja workshop di Kec. Sorek kab. Pelalawan, saat ini kami telah sampai dipenginapan Pematang reba, sebelum esok transit melanjutkan tur roadshow ICT keliling ke Kabupaten Indragiri Hulu insyaAllah.
Alhamdulillah, antusiasme peserta luar biasa. Karena memang konsep acara nya disetting berupa coaching klinik, meminjam istilah LA Galaxy yang melakukan kursus singkat sekaligus praktek bagi penikmat dan atlet bola tanah air, kegiatan diklat ICT keliling memang kami setting berupa praktek membuat media pembelajaran berbasis animasi dengan asistensi secara langsung.
Kalau dihitung-hitung 1 jam, 1 hari bahkan 1 minggu sebenarnya bukanlah waktu yang cukup untuk melakukan pengimbasan teknologi ICT kepada para PTK didaerah karena berbagai ragam dan latar penguasaan perangkat teknologi khususnya laptop. Namun paling tidak, besar harapan kami para PTK peserta latihan tersebut memperoleh motivasi yang luar biasa terhadap pemanfaatan maksimal teknologi yang sudah mereka milliki yaitu laptop, khususnya dalam menunjang pembelajaran dikelas agar menjadi lebih menarik. Paling tidak, jika selama ini siswa perlu penjelasan berulang-ulang mengenai suatu hal, baru kemudian pada akhirnya memahami maksud yang terkandung didalam penjelasan sang bapak/ibu guru, namun dengan dibantu penjelasan visual diharapkan dalam waktu serapan tidak begitu lama, proses pembelajaran menjadi lebih tepat sasaran. Disamping itu, tentu para siswa akan merindukan animasi apa lagi yang akan ditampilkan bapak/ibu guru pada pertemuan berikutnya, sehingga pertemuan yang akan datang mereka akan hadir lebih awal bahkan kecewa jika bapak/ibu gurunya tidak datang. Kemudian bagi siswa yang tidak mau mengerti mengenai apa yang disampaikan bapak/ibu gurunya paling tidak ia akan termotivasi untuk mencoba belajar membuat animasi seperti yang ditampilkan bapak/ibu gurunya didepan kelas, karena yang demikian itu merupakan sesuatu hal yang menarik baginya. Demikian kurang lebih motivasi yang saya sampaikan dihadapan peserta. Kuncinya :

  1. Jangan pernah menyerah, terus mencoba, karena membuat animasi juga melibatkan unsur rasa dan seni, sehingga meski penguasaan alat sama, tetapi hasil bisa beda karena nilai rasa yang berbeda satu dengan lainnya.
  2. Jangan menganggap sulit, dengan usaha kerja keras dan doa, insyaAllah siapapun bisa membuat asnimasi yang menarik.
  3. Terus mencoba. Membuat animasi sama halnya dengan seni melukis atau memahat. Ketika diberi palu dan pahat untuk pertama kali, bukan berarti akan langsung menghasilkan karya seni yang indah. Perlu ribuan bahkan jtaan pahatan, jutaan amplasan baru kemudian menghasilkan karya seni yang indah. Demikian dengan membuat animasi. Perlu dicoba berkali-kali.
Demikian sobat, semoga bermanfaat, insyaAllah besok saya sambung lagi reportase ICT Keliling LPMP Riau tahun 2011~Semilir hati

0 comments:

Posting Komentar

Jika sobat merasa informasi ini bermanfaat, silahkan sobat memberikan komentar. Jika sobat hendak men-COPY ARTIKEL INI, MOHON KIRANYA MENCANTUMKAN SUMBERNYA, MARI KITA SALING MENGHARGAI HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL. Jangan lupa, klik Google+ diside bar sebelah kiri