06.30
0

Lawan Bicara Yang Baik~Sobat semilir, dalam keseharian tentu kita akan senantiasa berinteraksi dengan siapa saja yang ada disekitar kita, apakah itu interaksi berupa sikap perbuatan atau bahkan interaksi berupa pembicaraan dan percakapan. Percakapan itu sendiri merupakan salah satu cara bertukar pikiran dan saling berbagi pengalaman. Agar proses percakapan itu sendiri berjalan dengan lancar maka perlu bagi kita memiliki dua unsur komunikasi yaitu berbicara dan mendengarkan. Ketika salah satu pihak berbicara, tentu yang lain mesti mengambil posisi mendengarkan. Demikian juga sebaliknya.
Untuk menjadi lawan bicara yang baik, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan, yaitu :

  1. Sesuaikan bahasa dan materi pembicaraan dengan lawan bicara. Misalnya ketika kita berhadapan dengan lawan bicara seorang petani, jangan berbicara mengenai teknologi internet, kecuali kita tahu lawan bicara kita sudah akrab dengan fesbuk, jika tidak, bicarakan saja hal-hal yang terkait dengan pertanian menggunakan bahasa yang sederhana. 
  2. Perhatikan apa yang dia bicarakan. Jangan sekali-kali kita melihat siapa yang bicara. Karena dengan begini kita akan menghargai siapapun.
  3. Hindari menguasai pembicaraan atau sebaliknya, pasif, hanya mendengarkan saja. Agar pembicaraan berlangsung baik, perlu adanya interaksi dari kedua belah pihak.
  4. Berbicara mengenai hal-hal yang menyenangkan. Apa jadinya jika kita berbicara dengan seseorang tetapi yang dibicarakannya hal yang tidak kita sukai. Tentu hati ini akan jengkel, muak dan ingin dengan segera mengakhiri pembicaraan bukan ?
  5. Jangan menghakimi atau mencela.  Hormati dan hargai pendapat orang lain, jika memang ada yang harus diluruskan, sampaikan dengan santun dan hati-hati agar dia tidak tersinggung dan merasa digurui. Bukankah pendapat anda belum tentu benar dan pendapat dia sudah pasti salah.
  6. Lakukan dengan tulus ikhlas. Jangan berbicara dengan terpaksa atau pura-pura atau berbicara tetapi pikiran melayang nun jauh ketempat lain. Karena hal ini akan sangat menyakitkan lawan bicara. Ia akan merasa tersinggung karena tidak dihargai.
Nah sobat semilir, jadilah lawan bicara yang baik dengan mempraktekkan beberapa hal diatas, mudah-mudahan pembicaraan yang sobat semilir lakukan memberikan manfaat kepada dua belah pihak.~Semilir hati

0 comments:

Posting Komentar

Jika sobat merasa informasi ini bermanfaat, silahkan sobat memberikan komentar. Jika sobat hendak men-COPY ARTIKEL INI, MOHON KIRANYA MENCANTUMKAN SUMBERNYA, MARI KITA SALING MENGHARGAI HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL. Jangan lupa, klik Google+ diside bar sebelah kiri