07.00
0

Tips Narasumber Pemula~Jika sobat semilir berkesempatan menjadi narasumber, apalagi bagi pemula, salah satu yang bikin demam panggung adalah ketika audience sudah tidak lagi fokus kepada kita. Ibarat pepatah, anjing menggonggong, kafilah berlalu. Apalagi disaat jam-jam kritis, disaat menjelang siang atau justru setelah istirahat makan siang. Perut terasa kenyang, suasana membosankan, waktu masih lama, maka mata pun mengantuk, untuk menghilangkan kantuk, audience ada yang ngobrol kanan kiri, sms-an, ngegame di HP, atau bahkan tidur mendengkur ! Siapapun narasumbernya, jikalau dia tidak berpengalaman, dia akan menderita demam, demam panggung, merasa dicuekin.
Karenanya sobat semilir, jika ada undangan menjadi narasumber, kiranya tips berikut dapat membantu agar tidak menjadi anjing menggonggong, audience pun tidur :

  1. Persiapkan games-games Ice Breaking untuk menghidupkan suasana.
  2. Pada saat-saat tertentu disaat audience sudah merasa lelah karena duduk terlalu lama, persiapkan senam-senam ringan seperti senam tangan yang cukup dilakukan ditempat secara bersama-sama.
  3. Beri tantangan kepada perorangan dengan reward yang sudah dipersiapkan sebelumnya tentu.
  4. Ajukan pertanyaan kepada peserta yang mengantuk.
  5. Putar video singkat.
  6. Tampilkan gambar-gambar yang lucu di slide presentasi.
  7. Buat efek-efek animasi yang menarik pada slide presentasi sobat jika ada tetapi jangan berlebihan, bisa-bisa perhatian audience justru tertuju pada animasinya bukan materinya.
  8. Berikan teka-teki.
  9. Istirahatkan sejenak, barangkali ada yang ingin menghirup udara segar diluar ruangan.
  10. Ceritakan pengalaman-pengalaman anda yang menarik dan seru.
  11. Jikalau tidak juga berhasil, sebaiknya sobat memikirkan untuk segera menyudahi sesi tersebut dengan alasan yang dapat diterima.
Ada yang mau menambahkan ? Silahkan, saya tidak membicarakan bagaimana menjadi seorang pembicara yang baik. Tetapi bagaimana menghadapi situasi ketika audience tidak lagi fokus pada jam-jam kritis. Mudah-mudahan bagi sobat semilir lainnya hal ini dapat membantu sobat untuk menjadi narasumber yang baik. Semoga bermanfaat~Semilir hati

0 comments:

Posting Komentar

Jika sobat merasa informasi ini bermanfaat, silahkan sobat memberikan komentar. Jika sobat hendak men-COPY ARTIKEL INI, MOHON KIRANYA MENCANTUMKAN SUMBERNYA, MARI KITA SALING MENGHARGAI HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL. Jangan lupa, klik Google+ diside bar sebelah kiri