23.43
0

Gunakan Tangan Untuk Mengingat Sesuatu~Lho, bukannya untuk mengingat itu otak kita yang memiliki bagian perekaman/memory yang bertugas untuk mengingat sesuatu ? Nah, sobat semilir, pernah lihatkan ada seseorang yang menelpon sambil menggerak-gerakkan tangannya, atau ketika seseorang berbicara kemudian ia mencoba mengingat-ingat sesuatu, maka jari telunjuknya akan menunjuk-nunjuk sampai akhirnya ia berteriak, "oh iya, saya ingat".
Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh pakar neurologi dan psikologi kognitif  profesor Martha Alibali dari University of Wisconsin, dikatakan bahwa menggunakan anggota badan ternyata dapat membantu menyelesaikan beberapa masalah, terutama tangan. "Gerakan yang dilakukan oleh tubuh adalah salah satu sumber yang dapat membuat proses kognitif di dalam otak berjalan lebih lancar," katanya.
Riset yang dilakukan Alibali dan rekannya, Robert C. Spencer, memperlihatkan, ketika responden menggunakan kedua tangannya sebagai alat bantu simulasi, hasil jawaban yang diberikan jauh lebih baik jika dibandingkan dengan ketika kedua tangannya diikat. Ternyata, gerakan tangan ini sangat efektif untuk membantu otak mencari jawaban atas pertanyaan yang sifatnya abstrak atau matematis.
Temuan ini juga menegaskan terdapat hubungan antara pikiran dan tubuh terhadap aspek kemampuan spasial. "Saat berpikir, kita sering menggunakan perumpamaan yang sifatnya visual-spasial untuk menyelesaikan masalah dan menggambarkan sesuatu. Bahkan untuk hal-hal yang sifatnya tidak nyata. Misalnya, menggerakkan tangan ke atas saat menambah, dan ke bawah saat mengurangi. Atau, mengangkat tangan ke atas untuk menjelaskan suasana hati yang baik dan menurunkannya untuk menggambarkan bad mood," tambah Alibali.
Jadi sobat semilir, jangan heran ketika seseorang lupa, ia akan bergerak berputar-putar, telunjuknya pun bergerak-gerak sambil berkata "hmmm.... apa ya....hmmmm, OH YA SAYA INGAT". Karenanya, jika sobat semilir lupa akan sesuatu, cobalah berpikir dengan meanfaatkan gerakan tangan, eh maksudnya dibantu dengan gerakan tangan, insyaAllah kita akan kembali ingat, Wallahu A'lam~Semilir hati
(dari berbagai sumber)

0 comments:

Posting Komentar

Jika sobat merasa informasi ini bermanfaat, silahkan sobat memberikan komentar. Jika sobat hendak men-COPY ARTIKEL INI, MOHON KIRANYA MENCANTUMKAN SUMBERNYA, MARI KITA SALING MENGHARGAI HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL. Jangan lupa, klik Google+ diside bar sebelah kiri