22.42
5

Kuis Multiple Choice Power Point dan Macro VBA~Sobat semilir, setelah sebelumnya kita membahas mengenai macro VBA Power Point, kali ini saya akan sharing kepada sobat semilir sekalian bagaimana caranya membuat Kuis Multiple Choice Power Point dan Macro VBA. Artinya pada kesempatan ini saya akan sharing kepada sobat semilir sekalian, cara membuat presentasi kuis menggunakan power point, sekaligus menghitung nilai skor jawaban menggunakan macro VBA.
Langkah awal tentu yang harus dilakukan adalah mengaktifkan Ribbon developper. Selanjutnya buatlah halaman pembuka seperti gambar berikut ini :


Dari gambar diatas terlihat, bahwa kita menambahkan satu objek Command Button yang sobat semilir dapat ambil dari Ribbon Developper. Selanjutnya buat soal-soal seperti gambar dibawah ini. Untuk kali ini cukup buat dua soal pada dua slide saja. Masing-masing slide 1 soal.




Selanjutnya diiringi dengan membuat slide ke empat sebagai slide penilaian hasil jawaban yang dilakukan pengguna nantinya :


Dari gambar terlihat, sobat semilir diminta untuk memasukkan 1 (satu) command button untuk memulai perhitungan, dan 1 (satu) Text box untuk menampilkan hasil penilaian. Selanjutnya yang akan kita lakukan adalah mengisi macro VBA pada tempat-tempat tertentu. Aktifkan kembali slide 1. Click kanan Command Button yang telah dibuat sebelumnya, pilih menu properties. Ubah properties Caption menjadi Mulai. Setelah itu klik dua kali Commond Button Mulai sehingga tampil Microsoft Visual Basic Editor dan ketikkan beberapa Macro VBA berikut ini :


Private Sub CommandButton1_Click()
   nilai = 0
   ActivePresentation.SlideShowWindow.View.Next
   Slide4.TextBox1 = 0
End Sub


Kemudian lanjutkan menulis macro VBA berikut tepat dibawah End Sub Command Button1 diatas :

Sub benar()
   konfirmasi = MsgBox("Yakin dengan jawaban anda?", vbYesNo, "Cek Jawaban!")
   If konfirmasi = vbYes Then
      nilai = nilai + 50
      ActivePresentation.SlideShowWindow.View.Next
   End If
End Sub
Sub salah()
   konfirmasi = MsgBox("Yakin dengan jawaban anda?", vbYesNo, "Cek Jawaban!")
   If konfirmasi = vbYes Then
      ActivePresentation.SlideShowWindow.View.Next
   End If
End Sub

Sub tampil()
   Slide4.TextBox1 = nilai
End Sub



Damn tambahkan script berikut ini dibagian atas Private Sub CommandButton1_Click() :

Dim nilai As Integer
Dim konfirmasi As String

Selanjutnya tekan tombol Alt + F11atau klik tombol dengan gambar berikut ini :


Hal ini untuk kembali ke lembar slide power point yang berisi soal yang sedang kita buat. Selanjutnya aktifkan slide nomor 4 . Ubah Caption Command Button dengan cara sebelumnya menjadi Hitung. Setelah itu klik dua kali Command Button Hitung dan tulis Macro VBA berikut ini :

Private Sub CommandButton1_Click()
   Slide1.tampil
End Sub

Setelah itu, kita akan memberikan Action untuk setiap opsi jawaban, apakah opsi jawaban benar atau salah, yang kita lakukan adalah Select Opsi jawaban pertama soal nomor 1 seperti gambar berikut, dilanjutkan dengan mengklik Action pada Ribbon Insert :


Sehingga tampil jendela Action Setting seperti gambar dibawah ini :


Jika opsi jawaban benar, maka pilih Run Macro, Slide1.Benar, dan jika salah, pilih Run Macro Slide1.Salah. Lakukan ini untuk semua opsi jawaban pada semua nomor soal.

Langka selanjutnya adalah simpan file power point yang baru saja kita buat, jangan lupa Save As Type dipilih Power Point Macro Enable Presentation.


Untuk file aslinya, sobat semilir dapat download DISNI. Oh ya, setelah sobat semilir download, rename kuis.rar menggunakan command prompt (CMD) bukan dengan winrar menjadi kuis.pptm. Demikian semoga bermanfaat~Semilir Hati

5 comments:

  1. Mantap isi Blognya :) ....salam kenal Ya

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah, terimakasih, yuk kita sama-sama belajar...:)

    BalasHapus
  3. Saya sudah mencoba kok tidak jadi yaa?? apa penjelasnya bisa lebih rinci lagi?

    BalasHapus
  4. Mohon maaf, apa sebelumnya sudah me-Enable macro ? Barangkali hal ini belum dilakukan karena secara default Macro di-disable. Untuk mengenable macro pilih menu Power Point Option, setelah itu pilih menu Trust Center, Trust Center Setting, check radio Enable all macros, mudah-mudahan setelah ini diaktifkan, script diatas dapat berjalan dengan baik

    BalasHapus
  5. Nakasih ya,lumayan nih untuk kasih "kejutan" ke guru saya

    BalasHapus

Jika sobat merasa informasi ini bermanfaat, silahkan sobat memberikan komentar. Jika sobat hendak men-COPY ARTIKEL INI, MOHON KIRANYA MENCANTUMKAN SUMBERNYA, MARI KITA SALING MENGHARGAI HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL. Jangan lupa, klik Google+ diside bar sebelah kiri