19.39
0

ICT Keliling~Sobat semilir, ini adalah hari kedua tur ICT Keliling saya bersama teman-teman mengunjungi daerah-daerah terpencil dalam rangka tur ICT Keliling ke 5 kabupaten di propinsi Riau. Saat ini saya berada di kecamatan Selat Baru Bengkalis. Sehari sebelumnya kami melakuka pembekalan ICT bagi guru-guru daerah terpencil di Kecamatan Bunga Raya Kabupaten Siak. Karena judulnya ICT Keliling daerah terpencil, maka gambaran yang ada dibenak saya sebelumnya adalah bahwa daerah ini merupakan daerah terpelosok. Namun seandainya sobat semilir hadir bersama saya disini, betapa sobat semilir akan terkejut melihat desa yang kami kunjungi. Desanya bersih, rapi, tenang, indah, jauh dari hiruk pikuk keramaian kota demikian setidaknya pengamata saya tetapi mereka sudah melek tekhnologi. Tak terbayangkan sebelumnya kalau semua guru-guru yang mengikuti pelatihan ini sudah memiliki laptop ! Bahkan, karena saya ingin senantiasa mengupdate content semilir, saya iseng-iseng bertanya mengenai keberadaan warnet disini kepada pemilik warung yang ada disebelah sekolah, ternyata jawabannya ada ! Meski saya harus berjalan kaki sedikit untuk mencapainya, namun benar-benar desa yang asyik, yang tidak mau ketinggalan zaman meski berada pada posisi 10 menit perjalanan lagi menuju bibir pantai selat malaka.
Sayang sekali, saya belum bisa mengunggah foto-foto yang dapat saya sharing kepada sobat semilir betapa melek nya desa ini akan teknologi. Setidaknya ini penilaian saya. Keheranan saya sudah muncul ketika memasuki gerbang sekolah SD tempat kami melaksanakan pelatihan pengimbasan ICT. Di teras sekolah terdapat beberapa tong sampah yang sudah diberi label, sampah organik dan sampah non organik. Menunjukkan kepedulian masyarakat disini akan kebersihan. Jawaban pertanyaan hati saya sepanjang perjalanan menuju desa ini, ternyata kebersihan dan kerapian yang ada sebagai buah kesadaran bersama masyarakatnya. Apa karena mereka juga sering "ngenet" melihat dunia diluar sana  atau memang pemerintah daerah yang proaktif membina masyarakatnya, Wallahu A'lam.~Semilir hati

0 comments:

Posting Komentar

Jika sobat merasa informasi ini bermanfaat, silahkan sobat memberikan komentar. Jika sobat hendak men-COPY ARTIKEL INI, MOHON KIRANYA MENCANTUMKAN SUMBERNYA, MARI KITA SALING MENGHARGAI HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL. Jangan lupa, klik Google+ diside bar sebelah kiri