14.32
0

Manajemen Slide Power Point~Sobat semilir, khususnya para guru yang saya cintai, kita semua tentu pernah melihat dan menjadi audience sebuah presentasi yang disampaikan oleh seorang presenter dimana presentasi yang ditampilkannya menggunakan aplikasi Microsoft Power Point bukan ? Dan kita juga sering menyaksikan sang presenter menampilkan materi nya sambil melompat-lompat, maksudnya ketika presenter menjelaskan sebuah slide, kemudian penjelasannya lanjut tetapi tidak ke slide berikutnya, melompat-lompat ke beberapa slide setelahnya sambil berkata, "hmm...lewati, hmm lewati..hmmm nah ini". Kurang lebih begitu. Sobat semilir, sebenarnya tata cara presentasi yang seperti ini adalah tata cara presentasi yang kurang baik. Hal ini menunjukkan ketidak siapan seorang presenter akan bahan yang disajikannya. Disamping itu, hal ini justru akan menimbulkan "penasaran" dikalangan audience, karena penampilan sebuah slide meski sekilas, tetapi akan ada beberapa poin-poin kecil yang terperhatikan oleh audience.
Sebagai seorang presenter yang baik, tentu kita harus mempersiapkan bahan presentasi dengan baik. Termasuk manajemen slide power point. Tetapi beberapa presenter merasa "sayang" jika harus menghapus beberapa slide meskipun slide tersebut tidak termasuk kedalam daftar bahan yang akan dia jelaskan dengan pertimbangan barangkali diwaktu akan datang slide tersebut diperlukan. Nah untuk itu perlu manajemen slide power point agar yang ditampilkan adalah slide yang benar-benar akan ditampilkan saja, sementara itu slide-slide yang tidak dijelaskan tersebut tidak akan dihapus, tetapi tetap eksis didalam file presentasi kita. Caranya bagaimana ?
Langkah Pertama tentu yang harus dipersiapkan adalah mempersiapkan seluruh slide presentasi apakah itu slide yang akan dijelaskan maupun yang tidak. Biarkan urutan slide tersebut apa adanya, tidak perlu dilakukan perubahan posisi.
Langkah Kedua Klik ribbon menu Slide Show, Custom Slide Show, Custom Show. seperti gambar berikut ini :


Sehingga akan muncul jendela Custom Show seperti gambar berikut ini :


Langkah Ketiga adalah klik New, sehingga muncul jendela Define Custom Show dimana pada jendela ini kita diminta memasukkan nama paket Custom Show (Slide Show Name) misalnya Matematik dan memilih slide-slide yang akan kita tampilkan pada presentasi yang akan kita laksanakan. Slide yang tidak akan kita beri penjelasan kepada audience tidak perlu kita Add. Cukup slide yang akan kita beri penjelasan pada saat presentasi kepada audience saja yang kita Add. 


Kita dapat menambah dan mengurangi slide-slide yang sudah dan akan kita pilih setelah itu jika slide yang akan ditampilkan dirasa cukup, diakhiri dengan mengklik Ok sehingga kita akan kembali ke jendela custom show tetapi dengan sebuah slide show name baru yaitu Matematik. dan diakhiri dengan klik Close.
Langkah Keempat. Berbeda dengan menampilkan slide show seperti biasa yang dilakukan dengan menekan tombol F5 atau Shift F5 atau dengan memilih Ribbon Menu Slide Show, From Beginnningatau Slide Show, From Current, untuk menampilkan custom slide show yang kita lakukan adalah mengaktifkan Ribbon Menu Slide Show, Custom Slide Show dan pilih slide show name yang telah kita buat sebelumnya yaitu Matematik.


Dengan cara ini maka yang akan tampil adalah slide-slide yang sebelumnya telah kita pilih, dan slide-slide yang tidak kita pilih tidak akan ditampilkan, sehingga membuat presentasi kita lebih terkelola dan tidak membuat audience penasaran. Demikian sobat, selamat melakukan presentasi, semoga bermanfaat.~Semilir hati





0 comments:

Posting Komentar

Jika sobat merasa informasi ini bermanfaat, silahkan sobat memberikan komentar. Jika sobat hendak men-COPY ARTIKEL INI, MOHON KIRANYA MENCANTUMKAN SUMBERNYA, MARI KITA SALING MENGHARGAI HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL. Jangan lupa, klik Google+ diside bar sebelah kiri