Animasi Berkesinambungan~Sobat semilir, jumpa lagi di tutorial animasi menggunakan power point. Pada kesempatan yang lalu, saya sudah membahas animasi sederhana orang berjalan. Pada animasi tersebut, setiap objek gerak hanya memiliki 1 jenis animasi saja, yaitu animasi spin. Kali ini saya akan membahas animasi berkesinambungan. Artinya, satu objek memiliki lebih dari satu animasi pada saat bersamaan. Mungkinkah hal ini dilakukan dengan power point ? Jawabnya mungkin. Kita hanya perlu melakukan penyesuaian pada beberapa properti. Contoh animasi berkesinambungan yang saya maksud adalah seperti video berikut ini :

video

Pada video diatas terlihat bahwa tungkai kaki bagian bawah memiliki 2 jenis animasi. Yaitu animasi berputar/spin, tetapi pada saat bersamaan sekaligus bergeser sumbu putarnya mengikuti arah pergerakan lutut. Itu yang saya maksud animasi berkesinambungan. Untuk membuat animasi seperti ini, yang perlu sobat semilir lakukan adalah melakukan seperti biasa, membuat animasi spin pada titik putar,  yaitu pada titik lutut seperti tutorial animasi sederhana orang berjalan. Setelah itu pada objek tungkai kaki yang telah diberi animasi spin tersebut, ditambah sebuah animasi lagi yaitu Motion Path, Draw Custom Path, Curve. Ini akan membuat animasi berupa garis lengkung seperti gambar berikut ini :


Yang perlu dilakukan adalah, untuk animasi motion path tersebut, ubah properti Star : With Previouse. Perlu beberapa kali uji coba untuk memperoleh hasil yang diinginkan. Ibarat seni lukis, lukisan akan terlihat indah setelah berkali-kali melukis. Tidak sekali melukis hasilnya langsung maksimal. 
Untuk file powerpoint robot senam ini, dapat didownload DISINI. Demikian sobat semoga bermanfaat~Semilir hati

0 comments:

Poskan Komentar

Jika sobat merasa informasi ini bermanfaat, silahkan sobat memberikan komentar. Jika sobat hendak men-COPY ARTIKEL INI, MOHON KIRANYA MENCANTUMKAN SUMBERNYA, MARI KITA SALING MENGHARGAI HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL. Jangan lupa, klik Google+ diside bar sebelah kiri