14.25
0

Tab Sebagai Wi-Fi Hot Spot~Masih dalam rangkaian tur ICT keliling LPMP Riau, setelah kemarin menaja ICT Keliling di Sorek Kab. Pelalawan, saya beserta tim ICT LMP Riau tahun 2011 melanjutkan perjalanan ke Kab. Inhu. Untuk yang berikutnya ini agak berbeda, karena demografis daerahnya yang berada dipinggir sungai, udaranya sejuk, jauh dari keramaian, dan banyak buah-buahan. Saya sampai sakit perut karena makan buah jambu yang warnanya merah ranum, tapi pas dapat yang asem. Tapi Alhamdulillah, kegiatan pelatihan ICT singkat tersebut berjalan lancar.
Mengingat tekad untuk senantiasa update content, berbagi cerita buat sobat semilir dari mana saja, saya pun selalu membekali diri dengan pico pad kesayangan agar saya selalu dapat update content semilir hati. Namun kali ini saya perlu mengetikkan beberapa naskah yang cukup panjang untuk kemudian saya upload. Rasanya sulit bagi saya untuk mengetikkan naskah yang cukup panjang tersebut jika menggunakan tab saya. Walaupun saya membawa laptop, tapi modem saya gak mau connect. Nggak tahu kenapa. Setelah permintaan untuk meminjam modem teman tidak juga terpenuhi, mengingat teman tersebut juga memerlukan konektifitas untuk update statusnya, akhirnya saya berpikir, mestinya bisa Tab Sebagai Wi-Fi Hot Spot, minimal disetting agar dapat berbagi koneksi internet dengan perangkat lainnya. Saya pun membolak balik menu Android yang ada. Memang sih, meski sudah dimiliki beberapa bulan lalu, saya tidak pernah membuka konfigurasi-konfigurasi tab ini lebih dalam, apalagi membuka buku manualnya. Awalnya saya mencoba menjadikan tab saya sebagai modem, dan setelah instalasi perangkat selesai, modem pun muncul dalam daftar phone & modem yang terpasang sebagai Modem Over Android C001. Namun saya kembali bingung membuat koneksi. Saya pun membuka-buka menu Android lagi. Akhirnya saya menemukan cara agar tab ini dapat sharing internet connectivity-nya secara LAN peer to peer melalui beberapa pengaturan sederhana. Langkah-langkahnya adalah :

  1. Hubungkan Tab dengan laptop menggunakan kabel USB mini.
  2. Klik icon setting, pilih menu Wireless & Networks.
  3. Pilih menu Tethering & Portable Hotspot. Menu ini merupakan fasilitas untuk membagi data koneksi mobile menggunakan kabel USB atau sebagai portable Wi-Fi hotspot.
  4. Jika kita akan menghubungkan Tab dan Laptop menggunakan kabel USB mini sebagai konfigurasi  LAN peer to peer, maka pilih menu USB Tethering, aktifkan tanda checklist dibelakang menu tersebut. 
  5. Jika Tab akan kita jadikan Wi-Fi Hotspot, beri tanda cheklist pada Portable Wi-Fi Hotspot.
  6. Jika menjadikan Tab sebagai hotspot, masih perlu melakukan konfigurasi pada menu dibawahnya, misalnya konfigurasi security WEP dan sebagainya.
Alhamdulillah, jadi juga ngenet untuk memberikan reportase langsung mengenai kegiatan ICT Keliling LPMP Riau langsung dari lapangan.~Semilir hati

0 comments:

Posting Komentar

Jika sobat merasa informasi ini bermanfaat, silahkan sobat memberikan komentar. Jika sobat hendak men-COPY ARTIKEL INI, MOHON KIRANYA MENCANTUMKAN SUMBERNYA, MARI KITA SALING MENGHARGAI HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL. Jangan lupa, klik Google+ diside bar sebelah kiri