Membuat Animasi Sederhana Orang Berjalan~Sobat semilir, kali ini saya akan share bagaimana caranya membuat Animasi Sederhana Orang Berjalan menggunakan software yang sudah kita gunakan semenjak awal tutorial animasi di blog ini, yaitu aplikasi Microsoft Power Point. Kenapa menggunakan microsoft power point ? Seperti yang sudah-sudah, microsoft power point itu memiliki kemudahan-kemudahan, walaupun flash itu memiiki banyak kelebihan karena memang kegunaan flash adalah untuk membuat animasi. Tetapi mengingat aplikasi microsoft ini sudah familiar dikalangan guru-guru kita ditanah air, makanya saya manfaatkan aplikasi ini. InsyaAllah dimasa datang akan saya bahas membuat animasi menggunakan aplikasi macromedia flash. Kali ini yang akan kita buat adalah Animasi Sederhana Orang Berjalan seperti video berikut ini :

video

Untuk membuat animasi tersebut, pertama-tama yang harus dilakukan adalah membuat semua objek baik yang bergerap maupun yang tidak secara terpisah. Tangan kiri, tangan kanan, kepala, badan, kaki kanan dan kaki kiri seperti gambar berikut ini :


Untuk membuat objek-objek anggota tubuh tersebut, sobat semilir dapat melihat lagi tutorial membuat objek-objek unik menggunakan edit point. Setelah setiap objek bagian tubuh selesai, jangan lupa mengelompokkan objek denga bagian terkait seperti tangan dengan lengan baju, kaki dengan celana, kepala dengan topi menggunakan prosedur GRUPING. Lihat juga penjelasan mengenai LAYER jika sobat kebingungan dengan urutan gambarnya. Setelah itu yang harus dipahami adalah setiap bagian tubuh yang bergerak harus dibuat menjadi objek bergerak sendiri-sendiri untuk kemudian digabungkan menjadi satu sehingga seolah-olah berbentuk animasi orang berjalan. 
Saya akan mulai dengan membuat animasi tangan sebelah kiri. Lengan itu akan berputar pada sumbu putarnya yaitu bahu. Titik putar ini disebut dengan istilah pivot. Power point tidak memiliki kemampuan untuk memberikan animasi dengan titik puta seperti titik pivot ini, karenanya perlu trik agar tangan tersebut dapat berputar pada posisi bahu. Caranya dengan membuat lingkaran bantuan seperti gambar berikut :

Dari gambar yang baru saja dibuat letakkan layer lingkaran pada posisi paling belakang dengan cara mengatur layer, ingat sobat, posisikan sumbu putar lengan yaitu bahu TEPAT DITITIK DITENGAH-TENGAH LINGKARAN ! Hal ini agar putaran lengan nantinya tepat dibahu. Setelah itu ubah properti Fill lingkaran menjadi No Fill dan Outline lingkaran menjadi No Outline. Setelah itu objek lengan, lengan baju dan lingkaran di gabung menjadi 1 grup. Kemudian beri animasi Emphasis -> Spin. Ubah properti Start : With Previouse, Amount : 20 derajat, beri tanda check pada Smooth Start, Smooth End dan Auto Reverse pada properties Timing animasi spin. Auto Reverse akan menyebabkan lengan kembali ke posisi awal. Jangan lupa ubah juga properties Repeat : Until Next Click. Buat seluruh anggota yang beranimasi seperti langkah-langkah animasi yang saya buat tersebut. Untuk anggota gerak yang berlawanan, misalnya tangan kanan dan kiri, ubah properti Amount menjadi Clockwise untuk tangan kanan dan Counter Clock Wise untuk tangan kiri. Atau sebaliknya. Demikian juga untuk anggota kaki kanan dan kaki kiri. Langkah akhir tinggal menggabungkan setiap anggota gerak menjadi satu kembali dengan cara menggeser objek-objek tersebut kepoisisi yang semestinya. Animasi orang berjalan sederhana pun selesai. 
File power point animasi orang berjalan ini dapat sobat unduh DISINI. Mudah-mudahan dimasa akan datang saya akan sharing animasi-animasi menggunakan Flash insyaAllah. Untuk animasi yang lebih baik, sobat semilir dapat melihat ANIMASI BERKESINAMBUNGAN BERUPA GERAKAN ROBOT SENAM seperti video dibawah ini :


video


Demikian sobat semilir, semoga bermanfaat.

0 comments:

Poskan Komentar

Jika sobat merasa informasi ini bermanfaat, silahkan sobat memberikan komentar. Jika sobat hendak men-COPY ARTIKEL INI, MOHON KIRANYA MENCANTUMKAN SUMBERNYA, MARI KITA SALING MENGHARGAI HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL. Jangan lupa, klik Google+ diside bar sebelah kiri