04.07
0

Semilir Hati~Bulan September hingga Desember nanti merupakan "musim" wisuda dibeberapa perguruan tinggi secara umum. Bagi adik-adik yang fresh graduate, baru saja menyelesaikan pendidikan apakah itu pendidikan strata 1 atau bahkan strata 2, atau yang baru saja menyelesaikan pendidikan kejuruan, tetapi tidak ingin melanjutkan ketingkat pendidikan lebih tinggi, tentu setelahnya bercita-cita untuk mencari pekerjaan, mencoba untuk menjadi pribadi mandiri, agar bisa membiayai diri sendiri, kelak supaya bisa mencari istri. Betul kan ? Disamping itu sebenarnya anda telah ikut berjasa mengurangi jumlah pengangguran di negeri ini. Nah, jika anda memutuskan untuk menjadi pekerja dan bukannya menjadi seorang wiraswastawan yang membuat lapangan kerja, beberapa tips untuk mencari pekerjaan :

  1. Proaktif. Sebagian besar lowongan pekerjaan tidak dipublikasikan dimedia massa. Buat daftar perusahaan yang kira-kira memiliki posisi sesuai dengan bidang keilmuan atau keahlian kita, kemudian anda proaktif mengantarkan surat lamaran beserta CV anda dan jangan lupa mencatat nomor telepon HRD perusahaan tersebut. Setelah seminggu tidak ada salahnya anda menelpon menanyakan progress dari CV dan surat lamaran yang anda masukkan. Apabila tidak ada lowongan, tetaplah bicara santun, tanyakan dengan baik kira-kira kapan lowongan diperusahaan tersebut akan dibuka. Tanyakan juga email perusahaan bahkan website perusahaan tersebut, kalau sewaktu-waktu perusahaan menerakan lowongan pekerjaan melalui website.
  2. Bangun jaringan. Ketika anda menyelesaikan perkuliahan ataupun sekolah, sering-seringlah berkomunikasi dengan kakak tingkat yang lebih senior yang telah lebih dahulu tamat. Bisa saja mereka telah memperoleh pekerjaan. Tanyakan kepada mereka apabila ada lowongan pekerjaan ditempat mereka agar mereka sudi mengabari anda. Tidak hanya senior, guru, teman, tetangga, saudara atau siapa saja. Jangan malu dengan status anda yang baru sebagai "pencari kerja". Siapa tahu, kabar baik itu datang dari salah satu orang yang anda temui. Tidak ada salahnya juga, akun jejaring sosial anda ubah statusnya menjadi "mencari kerja" agar siapapun tahu anda sedang mencari kerja. Jangan malu untuk kebaikan diri sendiri.
  3. Ikuti pelatihan maupun kursus yang dapat meningkat kapasitas dan kompetensi anda. Terkadang perusahaan sering menempelkan pengumuman lowongan pekerjaan ditempat-tempat kurus. Bahkan kadang-kadang perusahaan bekerja sama dengan lembaga kursus untuk menyediakan tenaga kerja bagi perusahaan. Dan bisa saja ditempat kursus anda akan bertemu dengan orang-orang yang sudah bekerja kemudian mengikuti kursus untuk meningkatkan kemampuan mereka. Kemungkinan itu selalu ada insyaAllah.
  4. Jangan jual mahal. Ketika anda dipanggil untuk mengikuti tes dan wawancara, jangan sampai anda menuntut hak sebagai calon karyawan secara tidak wajar. Kecuali anda memang memiliki keterampilan khusus yang langka, atau hanya segelintir orang yang menguasai keahlian tersebut. Selagi penawaran perusahaan wajar, terima saja dahulu untuk kemudian sambil anda meningkatkan kompetensi perusahaan atau anda dapat melakukan negosiasi ulang dibelakang hari membicarakan hak-hak anda.
  5. Terima setiap kesempatan yang datang. Ditahap awal, jangan anda pilih-pilih. Jangan karena mengharapkan panggilan perusahaan yang lebih besar, tetapi belum ada kepastian, anda sudah menolak panggilan perusahaan lebih kecil yang sudah akan menerima anda. Mungkin ini adalah jalan bagi anda untuk dibelakang hari anda "melirik" perusahaan yang lebih bonafit. Tapi tetaplah bekerja dengan baik dan profesional, walaupun pekerjaan tersebut anda jadikan sebagai batu loncatan.
  6. Berdoa. Selalu berdoa memohon kepada Allah azza wajalla agar dimudahkan jalan bagi anda mencari dan memperoleh pekerjaan yang anda dambakan.
  7. Bersyukur dan selalu berbuat yang terbaik. Selalu berprasangka baik kepada Allah azza wajalla dan bersyukur kepadaNya walaupun anda ditolak diterima bekerja disuatu perusahaan. Ambil hikmahnya, Allah sudah mempersiapkan yang terbaik bagi anda.
Itulah beberapa tips bagi anda yang ingin mencari pekerjaan, selalu sabar dan jangan pernah menyerah. Lanjutkan perjuangan.~Semilir Hati

0 comments:

Posting Komentar

Jika sobat merasa informasi ini bermanfaat, silahkan sobat memberikan komentar. Jika sobat hendak men-COPY ARTIKEL INI, MOHON KIRANYA MENCANTUMKAN SUMBERNYA, MARI KITA SALING MENGHARGAI HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL. Jangan lupa, klik Google+ diside bar sebelah kiri