07.00
0

Salah satu unsur yang sangat terkait erat dan tidak dapat dilepaskan dari proses pendidikan adalah peran serta soerang pendidik. Karenanya hasil akhir dari proses pendidikan salah satunya juga sangat ditentukan oleh kualitas pendidik. Kualitas pendidik juga dibentuk dari karakter-karakter yang akan melahirkan sikap, tindak tanduk dan perbuatan yang akan menjadi panutan bagi peserta didik. Karenanya karakter seorang pendidik juga harus dibentuk sedemikian rupa agar peserta didik yang dihasilkan nantinya sesuai dengan apa yang diharapkan.
Ada 10 karakter pendidik sukses yang penulis kutip dari sebuah buku yang berjudul Mencetak Generasi Rabbani. 10 karakter tersebut adalah sebagai berikut :
  1. Ikhlas. Ikhlas yang dimaksud disini bukan "tanpa pamrih". Tetapi niat yang ikhlas yang akan mendatangkan keridhaan dan pahala Allah azza wajalla, meneguhkan hati kita disaat ujian datang dan hati akan tetap lapang apapun hasil yang kita raih setelah usaha dan doa.
  2. Bertakwa. Tidak seperti yang selalu kita dengan "bertakwa kepada tuhan Yang Maha Esa" sebagai sebutan yang hanya diucapkan mulut saja. Tetapi seperti yang dikatakan ulama "Menjaga diri dari azab Allah dengan mengerjakan amal salih dan merasa takut dengan azabNya, baik secara sembunyi-sembunyi maupun secara terang-terangan".
  3. Berilmu.
  4. Bertanggung jawab.
  5. Sabar dan tabah.
  6. Lemah lembut dan tidak kasr.
  7. Penyayang.
  8. Lunak dan fleksibel. Yang dimaksud disini bukan lemah dan tidak tegas. Namun harus dipahami secara luas dan menyeluruh. Maksud disini lebih mengarah pada sikap mempermudah urusan dan tidak mempersulitnya. Rasulullah Salallahu Alaihi Wasallam bersabda "Permudahlah jangan membuat sulit dan berikanlah berita gembira, janganlah kalian membuat orang lain lari". (Mttafaqun 'alaihi).
  9. Tidak murah marah.
  10. Dekat namun berwibawa. Pendidik yang sukses adalah pendidik yang dekat dihati anak. Anak selalu merindukannya, merasa gembira dan bahagia bersamanya, dan mereka hormat dan segan melanggar perintah dan kata-katanya.
Nah, jadilah pendidik yang sukses, agar generasi penerus bangsa ini menjadi generasi bangsa yang berhasil, dunia dan akhirat tentunya...Wallahu A'lam

0 comments:

Posting Komentar

Jika sobat merasa informasi ini bermanfaat, silahkan sobat memberikan komentar. Jika sobat hendak men-COPY ARTIKEL INI, MOHON KIRANYA MENCANTUMKAN SUMBERNYA, MARI KITA SALING MENGHARGAI HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL. Jangan lupa, klik Google+ diside bar sebelah kiri