08.49
0

Anda pernah sakit gigi ? Jika sedang sakit gigi, bersabarlah dan jika belum pernah, bersyukurlah. Karena rasanya sakit sekali. Makan tidak enak, tidur tidak nenyak, bawaannya maraah melulu. Gigi yang dibiarkan tanpa dibersihkan setiap hari berpeluang besar menjadi tempat membusuknya sisa-sisa makanan. Sakit gigi pun sulit dielakkan. Hebatnya lagi, 1432 tahun yang lalu, Islam telah mengajarkan untuk bersiwak dan ternyata bersiwak sangat baik untuk kesehatan gigi. Rasulullah salallahuu alaihi wasallam bersabda : "Seandainya tidak memberatkan umatku atau manusia, sungguh akan aku perintahkan mereka untuk bersiwak setiap akan shalat". (HR. Bukhari).
Walaupun saat ini sudah ada pasta gigi, namun siwak tetap menjadi pilihan yang relevan pada setiap zaman. Menurut penelitian, siwak mengandung mineral alami yang dapat membunuh bakteri, menghilangkan plak, mencegah gigi berlubang serta memelihara gusi.
Menurut drg. BM. Bachtiar dari Fak. Kedokteran Gigi UI, berdasarkan fungsi mekanisnya, siwak sama dengan sikat gigi. 
Siwak bahkan memiliki kandungan kimiawi bermanfaat seperti antibacterial acids yang berfungsi membunuh bakteri, mencegah infeksi dan menghentikan pendarahan gusi. Juga kandungan klorida, potassium, sodium bicarbonate, silica, sulfur, vitamin C dan beberapa mineral lain yang berfungsi membersihkan dan memutihkan gigi serta menyehatkan gusi. Disamping itu siwak sangat fleksibel, disamping berfungsi sebagai sikat gigi, juga sekaligus berfungsi sebagai pasta gigi. Subhaanallah. Wallahu Ta'ala A'lam.

0 comments:

Posting Komentar

Jika sobat merasa informasi ini bermanfaat, silahkan sobat memberikan komentar. Jika sobat hendak men-COPY ARTIKEL INI, MOHON KIRANYA MENCANTUMKAN SUMBERNYA, MARI KITA SALING MENGHARGAI HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL. Jangan lupa, klik Google+ diside bar sebelah kiri