06.46
0

Sesungguhnya Allah azza wajalla maha adil. Ia telah menciptakan setiap anak manusia sama dan sederajat dihadapanNya. Setiap ada kelebihan pasti ada kekurangan. Dan dimana ada kelemahan  pasti disanapun ada keistimewaan. Tak mungkin ada anak yang padanya tertumpuk begitu banyak kelebihan sementara anak yang lain begitu buruknya. Kalaupun ini terjadi, salah didik orang tualah yang menjadi salah satu penyebabnya.
Setiap anak pasti memiliki kelebihan dan keistimewaan. Istimewakan Setiap Anak. Sebagian anak menonjol dibidang akademik, ada yang menonjol akhlaqnya, ada yang menonjol dalam hal ketekunan, kekuatan hafalan, nalar, keterampilan, kepemimpinan dan seterusnya. Mustahil ada anak yang terkumpul padanya semua kelebihan sebagaimana mustahil terkumpul pada diri anak semua kekurangan.
Terkadang orang tua tidak menyadari hal ini. Masih banyak diantara mereka yang menjadikan barometer penilaian anak hanya  dengan nilai-nilai yang tertera pada rapor atau dengan prestasi tertentu. Padahal jika sianak lemah di satu sisi, pasti ia punya kelebihan disisi lain.
Akan sangat bermanfaat jika orang tua bisa sesegera mungkin menemukan keunikan dan kelebihan pada diri masing-masing putera puterinya, dan jika orang tua sudah menemukan, yang mesti dilakukan adalah :
  1. Beri pengakuan atas kelebihan sianak untuk memupuk rasa percaya diri mereka. Dapat berupa pujian, hadiah senyuman, belaian atau peluk dan cium manakala sianak menunjukkan kelebihannya.
  2. Kembangkan dari kelebihan si anak dan bimbing ia untuk menentukan arah bagi cita-citanya kelak agar sesuai dengan bakat mereka.
  3. Tak perlu mebanding-bandingkan anak yang satu dengan yang lain karena setiap anak memiliki keunikan dan kelebihan masing-masing.
(disadur dari buku Mencetak Generasi Rabbani)

0 comments:

Posting Komentar

Jika sobat merasa informasi ini bermanfaat, silahkan sobat memberikan komentar. Jika sobat hendak men-COPY ARTIKEL INI, MOHON KIRANYA MENCANTUMKAN SUMBERNYA, MARI KITA SALING MENGHARGAI HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL. Jangan lupa, klik Google+ diside bar sebelah kiri