16.45
0

“…Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang menyucikan diri.” (QS Al-Baqarah [2]: 222)


Didalam Islam, bersuci dapat dilakukan melalui 3 hal, mandi, berwudhu dan tayammum. Nah, berbicara masalah mandi, udah pada mandi belum ? Saya yakin, setiap kita yang peduli akan kebersihan akan membiasakan kegiatan yang satu ini. Ya. Mandi. Tetapi sadarkah kita bahwa kegiatan mandi memiliki manfaat yang banyak, tidak hanya sebatas menjaga kebersihan saja. Lalu, apa saja manfaat mandi ?

  1. Mengeluarkan racun. Mandi air hangat sekitar 32-35 derajat celcius membuka pori-pori yang dapat membantu mengeluarkan toksin. Mandi dengan air hangat juga membantu menurunkan kadar gula darah, menyembuhkan sakit otot dan membantu menjaga usus besar bekerja dengan baik. Waktu yang dianjurkan selama 10-20 menit. Sebuah studi yang diterbitkan New England Journal of Medicine menunjukkan bahwa penderita diabetes yang menghabiskan hanya setengah jam berendam dalam bak air hangat, dapat menurunkan tingkat gula darah 13%.
  2. Stress. Jika kita benar-benar mengalami stress, mandi air dingin akan menjadi jawaban tepat. Temperatur yang dianjurkan 12-18 derajat celcius. Mandi air dingin sangat baik untuk meredakan ketegangan karena mandi air dingin dapat meningkatkan tingkat gula darah dalam tubuh.
  3. Eksema. Terapi penyembuhan penyakit kulit tertentu seperti eksema, ruam, atau gatal-gatal dengan menambahkan baking soda (sodium bicarbonate) kedalam bak mandi dapt memberikan efek antiseptic. Isi tempat mandi dengan air hangat kuku, tambahkan kira-kira satu pound baking soda dan aduk sampai rata. Dianjurkan berendam selama 10-20 menit.
  4. Infeksi. Infeksi yeast (sejenis jamur) seperti sariawan dapat dibantu dengan menambahkan tiga atau empat sendok sari buah apel kedalam bak mandi. Hal ini juga baik untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh karena cuka dapat menyeimbangkan kembali asam. Tambahkan pada air hangat dan berendam selama 15-20 menit.
  5. Flu dan sakit kepala. Merendam kaki dalam air hangat dapat membantu menyembuhkan flu dan sakit kepala dan menyegarkan kembali kaki yang lelah. Caranya dengan memasukkan air hangat secukupnya kedalam ember sampai menutupi kaki dan pergelangan kaki. Tambahkan beberapa tetes minyak seperti lavender, peppermint atau lemon. Setelah selesai basuh dengan air dingin. Lakukan selama 10-20 menit.
  6. Insomnia. Merendak kaki sangat bermanfaat bagi orang yang susah tidur. Caranya masukkan kaki kedalam bak hingga kaki merasa dingin. Pengobatan ini juga berguna bagi kaki lelah, pemdarahan hidung, flu dan sembelit.
Nah, lo. Udah mandi belum, mandi lah dengan cara yang benar. Jangan byur-byur saja. Agar kegiatan mandi ini menjadi ibadah yang sempurna, maka awali dengan niat didalam hati, mengucapkan Basmalah, kemudian berwudhu. Baru deh, mandi. Begitu sempurna syariat Islam ini, disamping bernilai ibadah sekaligus menjaga kesehatan... Wallahu a'lam (disarikan dari buku Asshalaati Shiihah Lil Abdaan)

0 comments:

Posting Komentar

Jika sobat merasa informasi ini bermanfaat, silahkan sobat memberikan komentar. Jika sobat hendak men-COPY ARTIKEL INI, MOHON KIRANYA MENCANTUMKAN SUMBERNYA, MARI KITA SALING MENGHARGAI HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL. Jangan lupa, klik Google+ diside bar sebelah kiri