02.49
0

Semilir Hati~Pernah bingung baca kode resep dokter yang emang cuma bisa dibaca ma apoteker kan ? Nah, saya bingung lagi kalau beberapa waktu belakangan ini sering nemu gambar semacam hologram seperti disamping ini. Ini kode apa ya ? Selidik punya selidik ternyata ini namanya QR Code. Kalau dari hasil penelusuran sih katanya ini adalah evolusi dari kode Barcode yang sifatnya 1 dimensi. QR code ini sifatnya 2 dimensi. Kenapa dua dimensi ? Karena berbeda dengan barcode yang hanya menyimpan data disatu sisi saja, QR code menyimpan data di dua sisinya. Dan kalau barcode hanya bisa dibaca daru dua arah, QR code dapat dibaca dari 4 arah dengan tingkat kekeliruan yang lebih kecil.
QR code sendiri dikembangkan oleh orang-orang Jepang pada divisi Denzo Wave yang pada waktu itu merupakan sebuah divisi Denso Corporation, sebuah perusahaan Jepang yang masih merupakan bagian dari Toyota group. Emang orang Jepang ini pintar-pintar ya. Terus berinovasi. QR sendiri merupakan kependekan dari Quick Response, yang awalnya digunakan untuk menyimpan data spare part kendaraan perusahaan, namun kini penggunaannya meluas seiring dengan dipublikasikan QR code kepada dunia. Dan hebatnya lagi, kini QR code juga dipergunkan untuk menyimpan berbagai macam data, mulai dari URL sebuah majalah (pernahkan nemu QR code dimajalah ?), iklan atau media lainnya apalagi website. Saat ini bahkan handphone sudah diprogramming sedemikian rupa sehingga hanya dengan menscanning QR code yang dimaksud, misalnya kandungan data QR code nya adalah URL, maka browser si HP akan langsung membuka URL dimaksud tanpa repot-repot mengetikkan URLnya. 
Dengan kapasitas nya yang besar yakni  7.089 data numerik, 4.296 data alphanumerik, 2.953 data biner, maka sangat memungkinkan QR code digunakan sebagai sarana untuk menyimpan data produk, informasi pribadi, tanggal expire, tanggal produksi, SN dan buaanyak lagi.
Seperti halnya barcode yang memerlukan barcode generator, QR code juga memerlukan aplikasi tertentu untuk men-generate QR code. Aplikasi-aplikasi seperti  Kaywa QR-CodeSnapMaxeMobile Barcoder atau SnapMaze QR Code Firefox Extension dan masih banyak aplikasi generator QR code lainnya.
Adapun aplikasi-aplikasi untuk membaca QR code seperti yang satu ini, atau ZXing Decoder Online yang dapat digunakan untuk men-decode QR code yang berupa image hanya dengan memasukkan URL image atau dengan mengupload imagenya. 
Dunia akan terus berkembang, seiring berkembangnya ilmu pengetahun atas izin Allah azza wajalla, semoga bermanfaat~Semilir Hati (dari berbagai sumber)

0 comments:

Posting Komentar

Jika sobat merasa informasi ini bermanfaat, silahkan sobat memberikan komentar. Jika sobat hendak men-COPY ARTIKEL INI, MOHON KIRANYA MENCANTUMKAN SUMBERNYA, MARI KITA SALING MENGHARGAI HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL. Jangan lupa, klik Google+ diside bar sebelah kiri