Semilir Hati~Sobat semilir, belakangan kasus curanmor kembali marak dikota saya. Temen kantor saya bahkan dengan terpaksa harus merelakan motornya hilang 2 kali secara berturut-turut. Yang membuat saya bertambah sedih lagi adalah, hilangnya motor tersebut terjadi ketika teman saya ini menunaikan shalat disebuah mesjid dipinggir jalan ketika ia dalam perjalanan pulang. Yang kedua terjadi dimesjid juga ketika ia lari pagi dilingkungan mesjid Agung An-Nur Pekanbaru. Betapa saya merasa miris, berani-beraninya orang melakukan kejahatan ditempat dimana seharusnya kita mengingat Yang Kuasa, bahwa segala yang kita perbuat, pasti akan mmperoleh balasan dariNya.
Sobat semilir, biarlah dia menanggung azab dari dosa yang telah ia lakukan, namun kita harus berusaha mengamankan "asset" kita agar tidak dicuri oleh tangan-tangan jahil. Berikut ini beberapa tips sebelum anda memarkirkan kendaraan anda :

  1. Jangan lupa melepaskan kunci kontak sebelum meninggalkan kendaraan anda, ini sama saja anda merelakan kendaraan anda dibawa lari.
  2. Jangan meninggalkan surat-surat berharga, dompet maupun HP kebawah jok ketika akan meninggalkan kendaraan. Kalau motornya raib, namanya sudah jatuh ketimpa tangga, motornya hilang sekaligus dengan STNK, SIM, KTP dan HP. Kan komplit.
  3. Tinggalkan kendaraan dalam posisi stang tekunci.
  4. Gunakan kunci ganda, jika anda tidak memiliki kunci ganda, sebaiknya sisihkan sedikit uang "jajan" untuk membeli kunci gembok yang ukurannya cukup, jangan ala kadarnya, karena makin hari, maling semakin pintar mengakali kunci ganda bahkan gembok. Pernah suatu kali mahasiswa disebuah PT swasta mendapati hanya roda depannya saja yang ia temui sepulang kuliah yang sebelumnya ia rantai ketiang listrik ketika ia akan ujian. Motornya raib digondol maling, meninggalkan roda depan dalam posisi "terkunci" ketiang listrik.
  5. Parkirkan motor didalam jangkauan pandangan anda jika memungkinkan.
  6. Jika tidak, letakkan kendaraan anda didekat orang yang kira-kira bisa memperhatikan motor anda, tidak ada salahnya jika anda menitipkan kendaraan anda kepadanya.
  7. Berbaik-baiklah dengan petugas parkir, dan jangan lupa beri tips lebih sebagai ongkos buat dia "mengawasi" motor anda.
  8. Carilah tempat parkir resmi yang petugasnya mengawasi kendaraan yang diparkir dengan baik
  9. Jika harus parkir ditempat parkir liar yang petugasnya tidak dikenal, letakkan kendaraan anda diposisi terapit kendaraan lain
  10. Tidak ada salahnya anda membuat kunci rahasia, walaupun kunci rahasia pada umumnya sudah dipelajari maling kunci T.
  11. Ini yang sering dilupakan orang kebanyakan, berdo'a dan berserah diri kepada Allah azza wajalla. Bagaimanapun usaha anda, kalau motor anda hilang juga berarti dia bukan rezeki anda, karenanya berdoa mohon perlindungan kepadaNya.
Demikian tips dari saya buat sobat semilir. Seandainya motor tersebut hilang juga berarti memang bukan rezeki anda. Yakinlah ada hikmah dibalik itu semua. Jagalah kendaraan anda dengan baik. Wallahu a'lam.~Semilir Hati

0 comments:

Poskan Komentar

Jika sobat merasa informasi ini bermanfaat, silahkan sobat memberikan komentar. Jika sobat hendak men-COPY ARTIKEL INI, MOHON KIRANYA MENCANTUMKAN SUMBERNYA, MARI KITA SALING MENGHARGAI HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL. Jangan lupa, klik Google+ diside bar sebelah kiri