21.54
0

Semilir Hati~Pernah menonton film kartun yang dari Jepang Nobita kan ? ya, Nobita seorang siswa SD yang pemalas dengan didampingi robot kucing yang datang dari abad ke-22. Hihihi, memang tidak masuk akal filmnya, tapi kali ini saya ga' cerita soal itu. Tapi ketika kita menonton filmnya coba kita perhatikan dengan seksama, ketika Nobita pulang sekolah Nobita langsung nyelonong masuk rumah tanpa memberi salam. Ya iya dong ga' beri salam, Nobita kan bukan tokoh kartun Islam, dan barangkali juga bukan ditulis oleh orang Islam. Saya juga tidak tahu apakah agama Fujiko F. Fujio, sang penulis kartun Nobita ini.
Yang ingin saya sampaikan adalah banyak diantara kita kaum muslimin yang melalaikan hal yang satu ini. Ikut-ikutan dengan sebutan "saya pulang", atau malah nyelonong saja masuk kerumah ketika baru pulang dari bepergian. Padahal teladan kita yang mulia Rasulullah sallallahu 'alaihi wasallam pernah memberikan wejangan kepada Anas Bin Malik radhiyallaahu 'anhu : "wahai anakku, jika kamu mau masuk menemui keluargamu, ucapkanlah salam, niscaya akan menjadi bekah bagimu dan bagi keuargamu." (HR. At-Tirmizi, dinyatakan shahih oleh Al Albani).
Tuntunan yang mulia ini perlu dibiasakan pada anggota keluarga kita, bapak, ibu, kakak, adik, kakek, nenek, saudara, istri antau anak-anak kita. Bahkan bagi anak yang masih didalam kandungan. Menurut saya ini termasuk kedalam salah satu cara mendidik anak dalam kandungan. Karena kebanyakan kita hanya mau mengucapkan salam ketika masuk rumah orang lain ! sedang ketika masuk rumah kita sendiri nyelonong begitu saja tanpa mengucapkan salam. Coba perhatiin, kucing saja masuk kerumah ketika ada orang yang dirumah dia mengeong. Kalah dong ma kucing. Wajar saja kalau rumah kita menjadi gersang karena jauh dari barakah Allah azza wajalla.~Semilir Hati (dari berbagai sumber)

0 comments:

Posting Komentar

Jika sobat merasa informasi ini bermanfaat, silahkan sobat memberikan komentar. Jika sobat hendak men-COPY ARTIKEL INI, MOHON KIRANYA MENCANTUMKAN SUMBERNYA, MARI KITA SALING MENGHARGAI HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL. Jangan lupa, klik Google+ diside bar sebelah kiri