19.57
0

Semilir Hati~Nah, sobat semilir, beberapa waktu yang lalu kita udah sharing info mengenai arti sebagian dari tulisan "cakar" ayamnya pak dokter didalam kode-kode resep, setelah obatnya sobat tebus diapotek, maka kita akan terima sejumlah obat yang dicantumkan didalam resep yang tentu saja ada kemasannya. Kita tentu sering melihat kode-kode tertentu yang tertera di plastik kemasan maupun botol obat yang kita terima. Tidak ada salahnya kita memahami arti kode-kode gambar obat tersebut, sebagai salah satu tindakan jaga-jaga, kali-kali aja petugas apoteknya salah kasih obat. Beberapa kode gambar obat yang sering kita temukan adalah




 
Lingkaran Hijau
Obat-obatan yang pada kemasannya terdapat tanda lingkaran hijau mengindikasikan bahwa obat ini dijual bebas dipasaran. Obat-obatan yang memiliki lambang lingkaran hijau seperti gambar diatas antara lain vitamin, oralit, pedialit dsb. 



Lingkaran Biru 
Golongan obat yang berikut ini memiliki lambang lingkaran biru pada kemasannya. Obat dengan lmbang seperti ini mengindikasikan bahwa obat ini dijual bebas tapi terbatas. Maksudnya, walaupun dapat dibeli tanpa resep dokter, tetapi aturan pakai serta efek sampingnya harus menjadi perhatian kita yang menggunakan obat tersebut. Penggunaannya harus sesuai dengan indikasi yang tertulis pada kemasannya. Beberapa contoh obat yang termasuk dalam golongan lingkaran biru antara lain obat batuk dan obat demam yang biasanya menyertakan peringatan bahwa obat tersebut dapat menyebabkan kantuk, penggunaan dalam jangka waktu panjang dapat mengakibatkan kerusakan hati dsb.

 Lingkaran Merah
Yang berikut ini yang patut diwaspadai, karena golongan obat yang pada kemasannya tertera lambang lingkaran merah menunjukkan bahwa obat tersebut termasuk golongan obat keras yang harus diambil menggunakan resep dokter. Contoh-contoh obat yang termasuk dalam golongan ini adalah antibiotik, obat-obat hormonal dan sebagainya.
Nah sekian sobat undtuk jadi perhatian kita, jangan sampai ketika membeli obat maksudnya minta obat yang batuk atau demam, eh malah teler karena obat yang diminum ternyata berlambang merah.~Semilir hati (dari berbagai sumber)

0 comments:

Posting Komentar

Jika sobat merasa informasi ini bermanfaat, silahkan sobat memberikan komentar. Jika sobat hendak men-COPY ARTIKEL INI, MOHON KIRANYA MENCANTUMKAN SUMBERNYA, MARI KITA SALING MENGHARGAI HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL. Jangan lupa, klik Google+ diside bar sebelah kiri