17.27
0

Semilir Hati~Sobat semilir, agar tidak terjadi "mall resep" ketika sobat semilir mengambil obat ke apotek ada baiknya sobat semilir membaca kode-kode gambar obat dan jangan lupa juga untuk membaca Kode-kode Resep sebagai tindakan jaga-jaga agar sobat semilir mendapat obat yang benar untuk penyakit yang diderita. Hal yang perlu kita tanyakan juga kepada pak dokter adalah apakah ada makanan dan minuman yang harus dihindari ketika dimakan atau diminum bersamaan dengan obat tersebut. Karena kombinasi-kombinasi dari zat kimia yang dikandung oleh masing-masing bahan dapat membawa efek yang tidak baik bagi tubuh.
Berikut ini saya kutipkan beberapa kombinasi obat yang mengakibatkan risiko tidak baik bagi tubuh kita :

  1. Obat diuretik dengan licorice alami (bukan licorice untuk permen) dapat mengakibatkan berkurangnya potasium dalam tubuh dan menyebabkan badan lemas.
  2. MAO inhibitors (jenis anti depresan) dengan keju, makanan beragi (yoghurt, tape), acar atau makanan yang diasap, coklat dan kafein dapat mengakibatkan tekanan darah naik secara mendadak.
  3. Transiklin dengan produk susu dapat menurunkan efek obat. Jadi jangan pernah minum obat dengan susu.
  4. Beberapa jenis kalsium channel blocker (untuk nyeri dada dan tekanan darah tinggi) dengan anggur akan mengakibatkan kepala pusing, mabuk bahkan yang paling fatal pingsan.
  5. Digoxin untuk mengontrol gangguan jantung dengan dedak tinggi serat dapat membuat digoxin menjadi tidak berkhasiat alias tidak memberikan efek pengobatan.
Nah, sobat semilir, jangan ragu untuk bertanya kepada dokter, apa saja makanan dan minuma yang harus dihindari ketika mengkonsumsi obat. Tidak ada salahnya kan ?~Semilir hati (Sumber : Intisari)

0 comments:

Posting Komentar

Jika sobat merasa informasi ini bermanfaat, silahkan sobat memberikan komentar. Jika sobat hendak men-COPY ARTIKEL INI, MOHON KIRANYA MENCANTUMKAN SUMBERNYA, MARI KITA SALING MENGHARGAI HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL. Jangan lupa, klik Google+ diside bar sebelah kiri