21.32
0

Semilir Hati~Sobat semilir, pernah merasa lelah ketika sedang sibuk beraktifitas ? Siapapun tentu pernah merasakannya. Apakah karena kurang tidur pada malam harinya, atau karena pekerjaannya "over load" dan banyak alasan-alasan lain yang membuat tubuh ini lelah, tidak segar dan mata sangat mengantuk, sementara pekerjaan harus diselesaikan segera.
Cobalah sobat semilir rileks dan santai sebentar, sandarkan punggung kekursi dengan posisi agak miring berselonjor kedepan, pejamkan mata sejenak, berusahalah serileks mungkin, istirahatkan pikiran, lupakan pekerjaan barang sebentar. Cobalah untuk memejamkan mata, tidur kurang lebih lima menit saja. Apakah bisa ? InsyaAllah bisa. Kita hanya perlu berlatih dan membiasakan diri untuk dapat melakukan hal ini. Tidur yang seperti ini adalah tidur yang bermanfaat dan berkualitas, setidaknya ini yang saya rasakan. 5 menit tidur disela-sela jam sibuk, ketika mata kembali terbuka insyaAllah badan kembali segar, kita dapat melanjutkan menyelesaikan pekerjaan yang tertunda dengan kondisi tubuh yang sudah di cass.
Hal yang serupa dapat juga kita lakukan ketika para kaum laki-laki akan melakukan shalat jum'at. Daripada ibadah mulia tersebut tersia-sia karena mendengar khutbah khatib sambil memejamkan mata, entah karena keletihan atau karena alasan lain, namun, apapun alasannya tidak pantas kita menyianyiakan ibadah shalat jum'at yang mulia sambil tidur ! Cobalah tidur dengan cara seperti ini sebelum berangkat shalat jumat, dengan posisi ditempat aktifitas, dikursi kantor atau ditempat lain.
Yang berpengalaman melakukan hal ini adalah tenaga kesehatan, perawat yang harus standby ketika piket malam hari, tetapi mereka tentu juga perlu istirahat, mereka sudah biasa dan terlatih untuk tidur yang berkualitas dalam waktu singkat tetapi tubuh kembali bugar tanpa harus kehilangan waktu dan kesempatan untuk menyelesaikan pekerjaan. 5 menit saja, 5 menit yang menyegarkan insyaAllah.
Disamping itu tahukah sobat semilir, bahwa penelitian yang dipimpin Matthew Walker, profesor yang menjadi ketua tim penelitian Universitas California, Berkeley, Amerika Serikat yang melakukan penelitian pada  44 orang (17 pria dan 27 wanita) untuk menjadi objek penelitiannya menemukan bahwa terjadi peningkatan daya ingat objek peneliti yang tidur sejenak dibandingkan yang tidak ketika mereka diminta menghapalkan 100 nama dan foto. Kelompok yang tidak tidur mengalami penurunan kemampuan hafalan 12 % sementara yang istirahat tidur sejenak mengalami peningkatan 20 % daya ingat mereka dibanding uji yang pertama.
Bahkan Islam sudah jauh-jauh hari menganjurkan hal ini, dalam sebuah hadits dikatakan :
Rosulullah Shallallahu Alaihi Wassalam telah bersabda:”Tidur sianglah, karena setan-setan tidak tidur siang”.(Dishahihkan oleh Al-albani dalam silsilah Ahaadist shahihah (1647). Ternyata diantara hikmah-hikmah yang banyak yang tidak kita ketahui karena keterbatasan ilmu kita saat ini sudah terbuka satu melalui penelitian diatas. Subhanallah. Hikmah lainnya insyaAllah tubuh kita siap untuk melaksanakan qiyamullail dimalam harinya.
Nah, sobat semilir, istirahat yuk, selain 5 menit yang menyegarkan tubuh juga menyegarkan daya ingat rupanya, sunnah pula lagi~Semilir hati

0 comments:

Posting Komentar

Jika sobat merasa informasi ini bermanfaat, silahkan sobat memberikan komentar. Jika sobat hendak men-COPY ARTIKEL INI, MOHON KIRANYA MENCANTUMKAN SUMBERNYA, MARI KITA SALING MENGHARGAI HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL. Jangan lupa, klik Google+ diside bar sebelah kiri