00.22
0

Semilir Hati, Sobat semilir, yang berikut ini bukan nya tips melamar pekerjaan. Seorang teman barus aja mengeluh. Dia baru saja print book tabungannya. Dia mendapati ada transaksi yang terjadi berupa penarikan dari mesin ATM uang dengan nominal Rp. 600.000,- yang dia merasa yakin bahwa dia tidak pernah melakukan transaksi tersebut. Ini merupakan cerita kedua, beberapa waktu lewat, persisnya apa 1 tahun atau lebih saya lupa, seorang teman juga mengeluhkan hal serupa. Ia menguruskan rekening bapaknya yang ditarik dari mesin ATM. Tapi jumlahnya lumayan. Hampir 10 juta. Siapa sih yang gak kelimpungan mengalami hal seperti itu, dia bahkan sampai klaim ke Bank bersangkutan tetapi Bank menolak klaimnya karena menganggap transaksi yang terjadi legal melalui mesin ATM.
Supaya tidak mengalami hal serupa, barangkali tips mengambil uang di ATM berikut dapat membantu sobat semilir agar terhindar dari hal-hal tersebut diatas :
  1. Sebelum meninggalkan ATM, biasakan untuk mengacak kembali (baca : menginputkan) nomor PIN yang salah. Kemudian tekan tombol Cancel untuk membatalkan transaksi, kartu keluar, ambil deh. Walaupun sebagian mesin ATM sudah menggunakan teknologi baru, tetapi mesin ATM yang lama masih tersebar, dimana mesinnya menyimpan nomor PIN terakhir. Begitu info yang saya terima, benar tidak nya wallahu a'lam, tidak ada salahnya melakukan ini daripada duit kita "diambil" orang.
  2. Seperti halnya nomor 1 diatas, menurut informasi, ada juga sindikat "maling" ATM yang menganalisa tombol yang terakhir ditekan dari "sidik jari" yang meninggalkan bekas ditombol. Benar apa tidak ? sekali lagi, gak ada salahnya dicoba.
  3. Jangan meninggalkan mesin ATM sebelum yakin kartu ATM sudah dibawa.
  4. Jika kartu ATM anda "tersangkut" didalam mesin, jangan bertanya pada sesama pengantri, tanyakan kepada petugas resmi atau petugas pengaman ATM yang ada ditempat itu.
  5. Jangan langsung menelpon nomor yang tertera atau tertempel di mesin ATM jika ada gangguan di mesin ATM yang sedang "menelan" kartu ATM anda, ada sindikat yang sengaja menempelkan nomor palsu untuk kemudian akan mempengaruhi korbannya untuk mendapat nomor PIN anda.
  6. Ambil posisi yang benar, yang mempersempit "perhatian" orang-orang diluar kamar ATM atau dikamar ATM yang jumlah mesinnya lebih dari satu agar tombol yang anda tekan tidak dapat diperhatikan oleh "pengintip".
Ini sebagian dari tips-tips untuk menjaga "simpanan" anda. Semoga bermanfaat~Semilir Hati

0 comments:

Posting Komentar

Jika sobat merasa informasi ini bermanfaat, silahkan sobat memberikan komentar. Jika sobat hendak men-COPY ARTIKEL INI, MOHON KIRANYA MENCANTUMKAN SUMBERNYA, MARI KITA SALING MENGHARGAI HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL. Jangan lupa, klik Google+ diside bar sebelah kiri