04.40
2

Langkah Jitu Optimasi SEO~Sebagai pendatang baru, sebelumnya saya mohon maaf jika saya sudah berani-beraninya memaparkan judul langkah jitu optimasi SEO. Karena blog yang masih bau kencur dan masih hijau, pengalaman yang belum seberapa, namun setidaknya saya sudah membuktikan langkah-langkah tersebut dan ternyata berhasil. Bagi para newbie menurut saya ini sangat bermanfaat. Tetapi yang saya tekankan disini, langkah-langkah ini bukan untuk SEO kontes, karena SEO kontes menghendaki trik-trik yang jauh lebih banyak. Yang ingin saya sampaikan disini adalah bagaimana caranya agar artikel yang sobat semilir posting di blog sobat sekalian memperoleh tempat yang "bagus" di search engine google. Siapapun tentu menginginkan artikelnya akan ditemukan dengan mudah bukan ?  Setidaknya ini pendapat saya, bagaimana pendapat anda ?
Langkah-langkah yang harus kita lakukan (seperti yang sudah saya praktekkan) adalah :

  1. Buat judul yang unik, caranya soba gunakan google, ketikkan ide judul yang akan sobat buat, jika keyword tersebut sudah banyak yang menggunakan, coba keyword lain yang semakna. Jika tidak hasil yang benar-benar pas, berarti itulah judul artikel yang baik.
  2. Buat artikel yang orisinil, dengan arti unik, bukan COPAS, atau seandainya di COPAS, cobalah melakukan beberapa modifikasi agar COPAS nya tidak kentara, jangan sampai artikel sobat di "isolasi" oleh google sandbox. 
  3. Harus ada kata atau kalimat yang serupa antara judul dan isi atikel. Pengunjung tentu akan merasa jengkel ketika keywordnya gak ada nyambung dengan isi artikel. Dia akan merasa tertipu dan segera meninggalkan blog sobat. Istilahnya apa ya...
  4. Setelah itu langkah yang juga sangat penting adalah memberi tahu laman-laman situs kita kepada mesin pencari google agar search engine tersebut mudah menemukan artikel kita. Untuk langkah-langkahnya, cek langkah-langkah memberitahukan laman kita kepada google. Tetapi jangan buru-buru cek ke search engine apakah artikel kita tadi sudah bisa di CRAWL oleh google, karena robot yang mencek laman-laman web datang pada periode-periode waktu tertentu.
  5. Bila langkah 4 masih kurang, lengkapi dengan memanfaatkan PING BLOG. Agar search engine secepat mungkin menerima pemberitahuan mengenai adanya artikel baru kita.
  6. Manfaatkan social bookmarking atau direktori blog. Memanfaatkan jasa pihak ketiga semacam YOUSAYTOO atau lainnya. Karena kalau web-web yang memiliki rating tinggi, maka jadwal kunjungan bot CRAWL nya lebih sering, misalnya 10 menit sekali. Jadi kalau blog kita belum masuk jadwal kunjungan, syukur-syukur "pihak ketiga" sudah dikunjungin duluan, mudah-mudahan membantu artikel kita ditemukan lebih awal, mesti bukan melalui web kita.
Paling tidak saya sudah buktikan dengan beberapa artikel saya, walaupun tidak diposisi atas, paling tidak masih dalam lingkup halaman 1, 2 atau 3. Tetapi ini nggak laku buat SEO kontes lo, :(.


Yang berikut ini setelah saya tunggu kurang lebih satu jam setelah publish, kemudian saya cek, hasilnya sebagai berikut :

Demikian sobat, semoga bermanfaat bagi kita semua~Semilir hati

2 comments:

Jika sobat merasa informasi ini bermanfaat, silahkan sobat memberikan komentar. Jika sobat hendak men-COPY ARTIKEL INI, MOHON KIRANYA MENCANTUMKAN SUMBERNYA, MARI KITA SALING MENGHARGAI HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL. Jangan lupa, klik Google+ diside bar sebelah kiri