07.07
0

Semilir Hati~Sobat semilir, saat ini waktu menunjukkan pukul 20:36. Bagi yang tadi bekerja keras seharian, tentu matanya sudah mulai sayu dilanda kantuk, termasuk saya.
Siapapun tentu menginginkan tidur yang lelap, istirahat yang dapat membuat tubuh kembali bugar untuk bekerja keesokan harinya. Siapapun pasti menginginkan segala sesuatu yang kita lakukan memberikan manfaat dan keuntungan berlipat. Benar bukan ?
Tahukah sobat semilir makhluk yang mulia yang "aksesnya" langsung kepada Allah Azza Wajalla ? Yup. Malaikat. Bahkan didalam al-Quran disebutkan :
"Sebenarnya (malaikat-malaikat itu) adalah hamba-hamba yang DIMULIAKAN, mereka tidak mendahului-Nya dengan perkataan dan mereka mengerjakan perintah-perintah-Nya.  Allah mengetahui segala sesuatu yang dihadapan mereka dan yang dibelakang mereka, dan mereka tidak memberikan SYAFA'AT melainkan kepada orang - orang yang diridhai Allah, dan mereka selalu berhati-hati karena takut kepada-Nya" (QS Al Anbiyaa' 26-28).
Nah, tahukah sobat semilir, bahwa tidurnya kaum muslimin tidak hanya sekedar beristirahat ? Tetapi juga dapat didoakan oleh malaikat yang mulia ? Simak hadits dibawah ini :
Imam Ibnu Hibban meriwayatkan dari Abdullah bin Umar ra., bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa yang tidur dalam keadaan suci, maka malaikat akan bersamanya di dalam pakaiannya.  Dia tidak akan bangun hingga malaikat berdoa 'Ya Allah, ampunilah hambamu si fulan karena tidur dalam keadaan suci'" (hadits ini dishahihkan oleh Syaikh Al Albani dalam Shahih At Targhib wat Tarhib I/37).
Jadi, agar tidur kita tidak seperti tidur pada umumnya, bahkan sambil ngorok segala, tetapi didoakan oleh malaikat agar kita diampuni Allah azza wajalla, maka, biasakanlah untuk menyempatkan diri "berwudhu", baru deh kemudian tidur. Manfaatnya antara lain :

  1. Didoakan malaikat, makhluk yang mulia agar diberi ampunan oleh Allah azza wajalla.
  2. Tidur dalam keadaan suci yang didahului dengan do'a yang disyariatkan, maka kita akan dilindungi Allah Azza Wajalla dari gangguan syaithan dan makhluq-makhluq jahat lainnya.
  3. Tidur dalam keadaan bersih dan suci. Tidak ada lagi kotoran yang menempel karena sudah dibasuh menggunakan air wudhu.
  4. Karena salah satu anggota wudhu adalah wajah, insyaAllah akan membersihkan pori-pori dan mencegah jerawat, muka akan lebih berseri dan bercahaya.
  5. Karena memulai tidur dalam keadaan suci, artinya kita sudah berserah diri kepada Allah azza wajalla insyaAllah atas jiwa dan raga kita.
  6. Setelah sibuk beraktifitas, suhu tubuh kita tentu meninggi, berwudhu akan menetralkan suhu tubuh kita sehingga tidur insyaAllah dapat lebih nyenyak.
  7. Terhindar dari ancaman hadits berikut ini : "Barang siapa yang tidur sementara tangannya masih bau daging kambing dan belum dicuci, lalu terjadi sesuatu, maka janganlah dia menyalahkan kecuali dirinya sendiri. (HR. Ahmad disahihkan oleh Al-Albani)
Nah sobat semilir, mau didoakan oleh malaikat ? mudah kan caranya, salah satunya "berwudhu'lah" dengan benar karena Allah azza wajalla sebelum tidur. Selamat tidur. ZzZzZzZz~Semilir Hati

0 comments:

Posting Komentar

Jika sobat merasa informasi ini bermanfaat, silahkan sobat memberikan komentar. Jika sobat hendak men-COPY ARTIKEL INI, MOHON KIRANYA MENCANTUMKAN SUMBERNYA, MARI KITA SALING MENGHARGAI HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL. Jangan lupa, klik Google+ diside bar sebelah kiri