16.58
0

Semilir Hati~Sobat semilir, sudah 23 hari usia http://semilirhati.blogspot.com. Pada hari ke 18 blog ini diperkenankan untuk memperoleh alexa traffic rank untuk yang pertama kali dengan bilangan 24 jutaan (alexa traffic ku meramping). Hari ini hari yang ke-23 Alhamdulillah alexa traffic rank nya menyusut menjadi 4 jutaan saja. Alhamdulillah. Sebenarnya apa sih Alexa Rank ? Sebagai pendatang baru, saya hanya bisa membaca definisi langsung dari www.alexa.com. Meski rada bingung. Namun kira-kira begini : Alexa Rank merupakan peringkat yang di buat oleh Alexa.com untuk sebuah website atau blog yang didasarkan pada banyaknya kunjungan terhadap website atau blog berdasarkan informasi dari jutaan pengguna internet yang memasang Toolbar alexa pada browser internet mereka. Berbeda adanya dengan Page Rank yang memulai angka dari yang terkecil 0 sebagai peringkat terendah hingga yang terbesar 10 sebagai peringkat tertinggi, alexa justru sebaliknya, semakin kecil angka yang ditunjukkan alexa, semakin populerlah web atau blog tersebut.
Apakah untuk memperoleh nilai alexa traffic kita harus melakukan registrasi ? Dari yang saya baca di www.alexa.com menerangkan bahwa "There is no need to register your site for Alexa to report traffic statistics for it. We report on all sites for which we have the data. We get our data from our own sources, primarily from our Alexa Toolbar users". Tidak perlu registrasi. Jadi, alexa toolbar disini memegang peranan penting. Untuk dapat memantau terus alexa rank, sebaiknya sobat semilir memasang widget alexa pada web atau blog sobat dan jangan lupa alexa toolbar pada browser.
Sebenarnya seberapa pentingkah alexa rank ini ? Jika web atau blog sobat semilir tidak digunakan untuk mengikuti program paid to review sebenarnya hal ini tidak begitu penting, tapi bagi para blogger, alexa traffic merupakan gengsi tersendiri karena menunjukkan popularitas web atau blog sobat. Tetapi alexa traffic menjadi sangat penting ketika web atau blog sobat akan dijadikan "mesin uang" karena adverstiser  akan "ngiler" dan tertarik pada web atau blog dengan alexa traffic rendah untuk dipasangi iklan yang otomatis tentu ada "biaya sewa" nya kepada si pemilik web atau blog.
Lalu apa yang dapat kita lakukan untuk "merampingkan" alexa traffic rank ? Yang saya lakukan hanyalah :

  1. Secara "rutin" dan disiplin melakukan posting artikel minimal 2 artikel sehari.
  2. Memasang widget alexa di blog saya. Tapi apakah ini benar-benar berpengaruh saya tidak tahu, karena saya sempat menghapus widget alexa karena memancing "pop up" hadir di blog saya tetapi alexa rank saya masih tetap terus menyusut. Sekarang saya tukar dengan widget standar.
  3. Memasang toolbar alexa rank di browser.
  4. Rajin ber "iklan" melalui jejaring sosial semacam FB dan twitter.
  5. Nah, yang satu ini resep pribadi ni, karena saya kebetulan adalah dosen di PT dan instruktur yang sering berkeliling, saya mewajibkan mahasiswa untuk "memantau" terus blog karena informasi perkuliahan saya posting disana. Resep ini mudah-mudahan memancing pengunjung blog saya walaupun secara lokal. Tetapi mudah-mudahan berefek domino, dari mulut kemulut, dari status ke status FB, sharing tautan, blog ini akan terus memperluas spektrum jelajahnya. Amiin.
  6. Selalu berkunjung ke blog tetangga walaupun hanya sekedar blogwalking, tetapi memang sebaiknya bisa sama-sama memberi manfaat dan keuntungan.
Naum, jika anda sudah memiliki alexa rank dan mencoba melihat grafik Daily Rich Percent jangan kaget kalau grafik anda tidak tampil seperti halnya http://semilirhati.blogspot.com, karena grafik hanya ditampilkan bagi web atau blog yang memiliki nilai alexa rank 100.000 kebawah dan estimase persentase global dilakukan alexa secara periodik tiap 3 bulan. 
Sobat semilir, apakah 24 juta menjadi 4 juta adalah sebuah prestasi ? Bagi sebagian besar blogger itu tidak ada apa-apanya kali ya. Terlalu terlambat. Tetapi bagi saya, ini sebuah keberhasilan karena artinya nasehat-nasehat dan informasi yang mudah-mudahan bermanfaat yang saya posting di blog untuk diri saya sendiri dan untuk pengunjung semakin dibaca oleh banyak orang. Alhamdulillah, mudah-mudahan menjadi ilmu yang bermanfaat. Seperti yang dibunyikan didalam hadits : 
apabila meninggal anak adam maka terputuslah semua urusannya kecuali 3 perkara

  1. doa anak yang soleh
  2. sadaqah jariah
  3. ilmu yang bermanfaat
(Hadith Riwayat Abu Dawud, At-Tirmidzi, Nasa'i dan Ahmad). Amiin, Wallahu a'lam~Sobat Semilir

0 comments:

Posting Komentar

Jika sobat merasa informasi ini bermanfaat, silahkan sobat memberikan komentar. Jika sobat hendak men-COPY ARTIKEL INI, MOHON KIRANYA MENCANTUMKAN SUMBERNYA, MARI KITA SALING MENGHARGAI HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL. Jangan lupa, klik Google+ diside bar sebelah kiri