04.02
0

Semilir Hati~Sobat semilir, disamping pemahaman prinsip layer dan grouping, salah satu hal yang sangat penting diketahui adalah prosedur duplikasi objek agar proses perancangan grafik dan animasi menggunakan power point dapat dilakukan dengan mudah dan cepat.
Terkadang kita perlu membuat objek yang serupa atau hampir serupa, propertisnya bisa saja berbeda tetapi bentuknya sama. Langkah yang paling cepat adalah dengan melakukan klik kanan pada objek yang akan diduplikasi lalu pilih menu Copy selanjutnya klik kanan lagi pada areal yang baru dan pilih menu Paste. Atau secara cepat pada satu atau lebih objek yang sudah diselect kita duplikasi menggunakan tombol Ctrl + C dan untuk mencetak objek serupa kita tekan lagi tombol Ctrl + V.
Namun barangkali sebahagian besar sudah tahu tetapi tidak ada salahnya mengingatkan kembali, barangkali juga masih ada yang belum pernah mencoba bahwa duplikasi dapat kita lakukan dengan cara select satu atau lebih objek yang akan diduplikasi, setelah itu tekan tombol Ctrl, setelah itu klik objek yang diselect sebelumnya, tahan dan lepaskan klik mouse pada lokasi yang baru. Setlah itu baru tombol Ctrl dilepaskan (Drag and Drop).
Untuk menjaga agar pergerakan objek hasil duplikasi sejajar baik secara horizontal, atau vertikal atau diagonal, maka proses drag and drop dapat diiringi dengan menekan tombol Shift, jadi tombol yang ditekan ada 3, Tombol Mouse, Ctrl dan Shift.

Gambar diatas adalah proses duplikasi objek A yang terselek, kemudian tekan tombol Ctrl dan Shift, lalu objek A dklik dan tombol klik mouse ditahan tidak dilepas, ditarik ke arah kanan atau lokasi baru yang diinginkan. Pada lokasi baru, lepaskan terlebih dahulu tombol klik mouse, baru setelah itu tombol Ctrl dan Shift dilepaskan. 
Demikian juga untuk membuat objek garis yang lurus dapat dibuat dengan bantuan tombol Shift karena secara default objek garis akan mengikuti pergerakan mouse.
Disamping, secara default pergerakan objek yang kita buat melompat-lompat menurut jarak tertentu. Apabila kita menginginkan pergerakan dan pergeseran objek terjadi pixel demi pixel, maka dapat kita gunakan tombol Alt.
Prosedur-prosedur diatas berlaku pada semua aplikasi yang diproduksi oleh Microsoft, misalnya Word dan Excel. Semoga bermanfaat~Semilir hati

0 comments:

Posting Komentar

Jika sobat merasa informasi ini bermanfaat, silahkan sobat memberikan komentar. Jika sobat hendak men-COPY ARTIKEL INI, MOHON KIRANYA MENCANTUMKAN SUMBERNYA, MARI KITA SALING MENGHARGAI HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL. Jangan lupa, klik Google+ diside bar sebelah kiri