16.25
0

Scrolling Background~Sobat semilir, kali ini kita akan membuat animasi scrolling background masih menggunakan aplikasi animasi sederhana kita yaitu power point 2007. Setelah sobat semilir mencoba  animasi prisma, animasi pemantulan cahaya, animasi katrol, dan animasi galaxy, kali ini kita akan membuat animasi yang kelihatannya rumit, tetapi sesungguhnya mudah, yaitu animasi scrolling background. Sesuai dengan judulnya, scrolling background, animasi ini nantinya akan memiliki background yang berjalan seperti video berikut ini :


Karena animasi yang akan kita buat diatas terdiri dari beberapa bagian, jadi saya akan bagi tulisan ini menjadi dua tahap. Tahap pertama ini saya akan menjelaskan animasi bukit yang "seolah-olah" berjalan  seperti video diatas.
Persiapkan terlebih dahulu lembar kerja yang baru, dan beri warna background menggunakan Gradient melalui langkah-langkah klik kanan lembar presentasi, pilih menu Format Background. Fill, Gradient Fill, pilih warna gradient yang anda inginkan. Selanjutnya buat objek bukit seperti gambar berikut ini :


Untuk membuat gambar bukit seperti gambar diatas, sobat semilir boleh menggunakan tools Scrible, atau menggunakan prosedur membuat objek yang unik menggunakan Edit Point. Setelah objek bukit selesai dibuat, maka selanjutnnya sobat semilir dapat melakukan duplikasi objek bukit.  


Triks yang digunakan adalah dengan cara membuat animasi Fly In terhadap objek bukit yang dibawah dengan memberi beberapa properties seperti Direction : From Right, Star : With Previouse, Speed : Very Slow, Repeat : Until Next Click. Bersamaan dengan itu objek bukit yang diatas juga kita set dengan Fly Out dengan merubah properties Direction : To Left, Star : With Previouse, Speed : Very Slow, Repeat : Until Next Click. Setelah itu, posisikan kedua objek berhimpitan dengan "tepat", dan coba lihat slide show kita dengan menekan tombol Slide Show (F5). Taraaa..... Bukitnya pun berlari.
Oh ya, untuk merubah properties-properties diatas secara lengkap dapat sobat lakukan dengan cara klik kanan pada animasi yang terdapat pada Animation Pane, selanjutnya Timing.
Tips :
  1. Agar tidak terlihat bahwa animasi tersebut terdiri dari dua benda berupa deretan bukit, maka jangan lupa merubah properties objek masing-masing deretan bukit yaitu Shape Outline : No Outline.
  2. Properties Speed animasi bukit pertama dan yang kedua harus sama.

0 comments:

Posting Komentar

Jika sobat merasa informasi ini bermanfaat, silahkan sobat memberikan komentar. Jika sobat hendak men-COPY ARTIKEL INI, MOHON KIRANYA MENCANTUMKAN SUMBERNYA, MARI KITA SALING MENGHARGAI HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL. Jangan lupa, klik Google+ diside bar sebelah kiri