07.32
1

Manfaat dan Kegunaan Sitemap~Site map merupakan arsitektur sebuah website yang akan memudahkan pengunjung atau search engine dalam menjelajah isi dari sebuah situs. Penjelajahan ini salah satunya dilakukan oleh google crawl. Sitemap itu sendiri diperkenalkan oleh Google pada tahun 2005. Saat ini  Google, Yahoo, MSN, dan Ask telah bergabung untuk mendukung protokol sitemap berupa XML sehingga XML sitemap telah menjadi protokol standar search engine, XML sitemap pun menggeser fungsi submit by search engine mesin pencari. Kita cukup memasang file sitemap di situs anda untuk kemudian kita menunggu jadwal kunjungan robot dari search engine untuk mengindexs situs kita.
Untuk membuat sitemap diblogspot sangat mudah, karena google telah menyediakan webmaster yang dapat diakses di http://www.google.com/webmasters/. Sitemap ini sekaligus sebagai langkah untuk mengenalkan laman-laman situs kita kepada mesin pencari. Langkah-langkahnya adalah :

  1. Login di Google Webmaster Tools menggunakan akun google anda. 
  2. Kemudian klik blog anda yang ingin anda daftarkan sitemapnya. Jika anda belum mendaftar URL anda, daftarkan terlebih dahulu dan lakukan verifikasi.
  3. Klik menu Add Sitemap atau New Sitemap
  4. Ketik http://namabloganda.blogspot.com/atom.xml?redirect=false&start-index=…&max-results=… start index diisi angka 1, dan max-result ini kita experimen saja, saya mencoba angka 25. Artinya saya mengenalkan 25 laman saya melalui sitemap nantinya.
  5. Contoh ;
    http://namablog.blogspot.com/atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=25
    http://namablog.blogspot.com/atom.xml?redirect=false&start-index=26&max-results=50
    http://namablog.blogspot.com/atom.xml?redirect=false&start-index=51&max-results=75.
    dan seterusnya hingga jumlah max-result mencakup jumlah total artikel sobat. Artinya buat lebih dari satu sitemap. Dengan cara ini mudah-mudahan artikel sobat akan segera "dikunjungi" oleh robot suruhannya google.~Semilir hati

1 comments:

Jika sobat merasa informasi ini bermanfaat, silahkan sobat memberikan komentar. Jika sobat hendak men-COPY ARTIKEL INI, MOHON KIRANYA MENCANTUMKAN SUMBERNYA, MARI KITA SALING MENGHARGAI HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL. Jangan lupa, klik Google+ diside bar sebelah kiri