07.58
2

Semilir Hati~Sobat semilir, dibeberapa perguruan tinggi di penghujung tahun selalu diramaikan dengan kegiatan yudisium dan peresmian perubahan status mahasiswa yang telah menyelesaikan perkuliahan menjadi seorang wisudawan.
Seperti yang dialami oleh sebahagian mantan mahasiswa (baca : wisudawan) bahwa ketika perayaan wisuda berlangsung hati begitu riang, gembira dan sumringah, tertawa-tawa bersama teman-teman dan keluarga. Perjuangan mencari gelar akademis tuntas sudah. Tetapi perjuangan yang lebih berat menanti anda, perjuangan untuk mencari pekerjaan agar kita menjadi sosok mandiri. Mencari penghasilan sendiri.
Beberapa tips melamar pekerjaan buat sobat semilir yang akan memulai perjuangan melamar pekerjaan, semoga bermanfaat :

  1. Carilah pekerjaan yang anda minati dan anda mampu melaksanakan serta sesuai dengan kompetensi anda.
  2. Jangan menggunakan surat lamaran hasil jiplakan atau meniru surat lamaran yang ada dibuku. Bisa-bisa anda justru salah ketik karena meniru apa adanya sehingga lamaran anda justru akan menjadi bahan tertawaan. Buatlah surat lamaran yang unik dan spesifik tetapi berkualitas, sehingga perhatian penseleksi lamaran akan tertuju pada surat lamaran anda saja.
  3. Tulislah kalimat demi kalimat secara singkat dan jelas, jangan berisi kata-kata yang berulang, berisi fakta yang sebenarnya dengan tutur kata yang baik dan menarik, rapi dalam susunan kata-kata, bersih tulisan, cetakan maupun kertasnya, jangan sampai ada coretan ataupun perbaikan menggunakan tipex dan ditujukan secara spesifik kepada siapa pihak yang menjadi tujuan surat. Jadi sebaiknya anda survei dahulu agar siapa orang yang dituju atau departemen yang akan menerima surat lamaran anda dapat anda cantumkan dengan jelas. Pihak perusahaan akan menilai anda orang yang teliti dalam pekerjaan, karena anda melakukan pemantauan dulu baru kemudian mengambil keputusan untuk mengirim lamaran.
  4. Buatlah surat lamaran secara ringkas dan padat yang hanya dicetak pada selembar kertas, jangan lebih dari selembar, karena jika demikian, panitia seleksi akan merasa bosan dengan surat lamaran anda karena masih banyak surat lamaran yang lain yang menunggu. Jangan lupa lampirkan CV anda.
  5. C.V (Curriculum Vitae) anda sebaiknya memberi detil yang mencakup latar belakang pendidikan, ketrampilan-ketrampilan yang anda miliki, pengalaman kerja, aktivitas sosial kemasyarakatan (organisasi, masyarakat, olah raga ,dsb) dan prestasi–prestasi yang pernah diraih. Ciri C.V. yang baik adalah : rapi, simpel, jujur dan akurat . Sebaiknya bersih dan disusun agar penyampaian informasi menarik dan mudah dibaca. Berilah jarak ( margin) pada semua sisi resume/c.v anda sebesar 1″ ( minimal 1/2″ kalau anda kekurangan space untuk mengisi informasi tentang diri anda.) Bagian putih ini membuat resume anda menarik, bersih dan mudah dibaca sekaligus memberi tempat bagi pembaca untuk membubuhkan catatan langsung pada resumemu. Gunakan kertas dan tinta yang sama dengan surat lamarannya.
  6. Sebelum memasukkan surat kedalam amplop dan mengirimkannya, jangan lupa memeriksa sekali lagi surat lamaran tersebut agar tidak terjadi kesalahan kalimat, huruf dan sebagainya.
  7. Bacalah buku maupun literatur yang tersedia di toko-toko buku yang mengulas cara-cara dan kiat yang efektif dalam menulis surat lamaran.
  8. Setelah mengirimkan lamaran, jangan lupa untuk menelpon kembali perusahaan yang dituju sambil menanyakan apakah lamaran anda sudah masuk dan apakah anda berpeluang untuk diterima.
  9. Jangan lupa selalu berdoa memohon kepada Allah azza wajalla agar lamaran yang anda kirimkan diterima perusahaan yang anda maksud.
  10. Sabar dan terus berusaha apabila lamaran anda masih ditolak perusahaan. Berarti Allah menyiapkan sesuatu yang lebih baik buat kita, insyaAllah sabar ya.
Demikian sobat semilir, jangan lupa ketika akan mengirimkan lamaran, perhatikan hal-hal tersebut, mudah-mudahan anda segera diterima ditempat yang anda impikan, Wallahu a'lam~Sobat Semilir

2 comments:

  1. infonya bagus sekali sob, saya akan recomendasikan ke teman2 yang masih nganggur ya...salam kenal

    BalasHapus
  2. Anita Hara, salam kenal juga, terimakasih, mudah-mudahan bermanfaat

    BalasHapus

Jika sobat merasa informasi ini bermanfaat, silahkan sobat memberikan komentar. Jika sobat hendak men-COPY ARTIKEL INI, MOHON KIRANYA MENCANTUMKAN SUMBERNYA, MARI KITA SALING MENGHARGAI HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL. Jangan lupa, klik Google+ diside bar sebelah kiri