20.13
0

Semilir hati~Sobat semilir, salah satu hal pokok yang harus diajarkan kepada anak dan merupakan rangkaian dari kegiatan mendidik anak dirumah adalah membiasakan anak bangun subuh. Kok bangun subuh ? bukannya bangun pagi ? Ya jelas dong sobat semilir, didalam Islam tidak ada istilah bangun pagi, kalo bangun nya pagi, shalat subuhnya gimana ?
Nah sobat semilir, memang menjadi permasalahan umumnya orang tua ketika anak beranjak remaja karena perubahan hormon yang berpengaruh secara biologis kepada tubuh anak anak-anak jadi malas bangun. Ada yang sampai teriak-teriak bangunin anak, ada yang pake air seember, ada yang dipasangin jam weker tapi sianak "remaja" gak bangun-bangun. Atau kalau bangun, kucek-kucek mata sebentar, trus nyambung tidur lagi, baru kemudian bangun ketika sang surya udah keliatan.
Sobat semilir, ini merupakan bagian dari  mendidik anak dirumah, jangan salahkan anak ketika hal ini kita alami karena proses pendidikan anak dirumah sepenuhnya tanggung jawab kita sebagai orang tua.
Agar anak tidak bangun pagi, tetapi bangun subuh, beberapa hal berikut yang harus dilakukan :
  1. Beri contoh teladan kepada anak, sebagai orang tua kita harus bangun terlebih dahulu untuk bersiap-siap sebelum waktu untuk menunaikan kewajiban shalat subuh datang. Akan lebih baik lagi, jika kita mengisi waktu-waktu menjelang subuh dengan ibadah-ibadah membaca al-Quran misalnya, sehingga anak akan mendengar dan mengetahui bahwa orang tuanya sudah bangun dan sudah siap-siap untuk beribadah shalat subuh. Bagaimana mungkin anak mau bangun subuh dan shalat subuh kalau orang tuanya bangun pagi, gak pake shalat subuh pula !!
  2. Tanamkan kepada anak mengenai keutamaan-keutamaan shalat subuh berjamaah dimasjid bagi yang laki-laki, kalau mau kemasjid kan berarti bangunnya lebih awal, karena akan berjalan kemasjid, dan berjalan bersama-sama dengan mereka kemasjid. 
  3. Jangan biarkan anak menonton hingga larut malam, buatkan jadwal tidur untuk anak-anak.
  4. Jadikan suasana kamar tidur anak nyaman, baik suhu udara, ventilasi hingga terhindar dari gangguan nyamuk. Gara-gara sianak sibuk mengusir nyamuk, dia malah ketiduran waktu subuh. 
  5. Jangan buat perbedaan jadwal antara hari libur maupun tidak. Shalat subuh kan tidak ada jadwal liburnya. Mentang-mentang libur terus anak-anak bangunnya pagi. Tidak bisa, karena shalat harus dilaksanakan diawal waktu. 
  6. Mulai dari kecil. Jangan harap ketika kebiasaan untuk bangun subuh akan dengan mudah dilakukan ketika anak sudah berusia sekolah SMP bahkan SMA. Mulai lah ketika umur anak dianjurkan untuk shalat yaitu 7 tahun.
  7. Hindarkan memberi makanan atau cemilan yang mengandung kafein, apalagi minum kopi sebelum tidur. Namun sebaliknya jangan biarkan anak tidur dalam keadaan lapar Bisa-bisa nggak tidur. 
  8. Cegah anak untuk bermain komputer dimalam hari, karena keasyikan komputer bisa membuat anak lupa waktu. Atau jika harus dihentikan pikirannya masih melayang-layang karena penasaran, gamenya belum tamat, musuhnya belum kalah.  
Demikian sedikit tips buat saya dan sobat semilir sekalian agar anak-anak kita tidak bangun pagi. Wallahu a'lam~Semilir hati

0 comments:

Posting Komentar

Jika sobat merasa informasi ini bermanfaat, silahkan sobat memberikan komentar. Jika sobat hendak men-COPY ARTIKEL INI, MOHON KIRANYA MENCANTUMKAN SUMBERNYA, MARI KITA SALING MENGHARGAI HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL. Jangan lupa, klik Google+ diside bar sebelah kiri