04.42
0

Membersihkan Pisau Dari Getah Nangka~Sobat semilir, ketika pulang dari kantor tadi sore, saya disuguhin nangka yang sudah masak oleh istri saya tercinta. Baunya harum. Warnanya kuning. Sebagai tanaman rumahan, buah nangka cukup digemari, baik ketika masih muda, dapat dijadikan sayur nangka, ketika masak begini dapat diolah menjadi gorengan, agar-agar, atau dikolak. Hmmm yummi.
Ibarat makan buah nangka kena getahnya, naah, sehabis memakan buah nangka, istri saya mengeluh bagaimana caranya membersihkan pisau dapur yang digunakan untuk membelah nangka tersebut, karena pisaunya sekarang penuh dengan getah dan lengket. Istri saya mencoba bersihkan dengan cara digosok, bahkan hingga menggunakan minyak, eeh nggak hilang-hilang tuh getah. Akhirnya istri saya menyerah dan memberikan tugas membersihkan pisau dapur ini kepada saya. Saya mengambil alih pisau yang terbuat dari stainless tersebut, dan sayateringat cara orang tua saya membersihkan pisau dari getah nangka ketika buah nangka kami sering berbuah dulu.
Ya, barangkali sobat semilir mengalami hal serupa, kebingungan membersihkan pisau yang lengket terkena getah buah nangka. Caranya mudah saja, cukup hidupkan kompor, panaskan pisau tersebut diatas api bolak-balik, kemudian dengan hati-hati menggunakan kain lap sobat gosok dan usap tiap sisi pisaunya, insyaAllah, getah nangka tersebut enyah. Oh ya, mengelap pisau tersebut selagi panas ya, jangan ketika sudah dingin. Dan jangan sampai panas sekali, cukup panas-panas kuku. Harus hati-hati, walaupun cuma panas-panas kuku, tetapi tetap bisa mencederai kulit lo.
Adapun sebelum sobat semilir mengupas nangka, agar tidak lengket ditangan dan mudah membersihkannya, sedikit tips buat sobat sekalian, sebelum mengupas nangka, sobat oles bagian tangan sobat semilir dengan minyak goreng. InsyaAllah, tangannya gak bakal lengket dan gampang dibersihkan. Demikian semoga bermanfaat~Sobat semilir

0 comments:

Posting Komentar

Jika sobat merasa informasi ini bermanfaat, silahkan sobat memberikan komentar. Jika sobat hendak men-COPY ARTIKEL INI, MOHON KIRANYA MENCANTUMKAN SUMBERNYA, MARI KITA SALING MENGHARGAI HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL. Jangan lupa, klik Google+ diside bar sebelah kiri