23.20
0

Handsfree, amankah ?~Sobat semilir, dibeberapa daerah sudah mulai diberlakukan regulasi yang mengatur penggunaan handphone ketika menggunakan kendaraan bermotor. Karena memang kegiatan yang satu ini yaitu ber"handphone" ria ketika berkendaraan banyak kita temukan hampir dimana saja dinegeri kita ini. Padahal tindakan berhandphone apalagi SMS-an sambil berkendara sangat membahayakan diri sendiri dan orang lain.
Sebahagian orang akhirnya memutuskan untuk menggunakan handsfree ketika berkendaraan dengan harapan komunikasi tetap jalan meski sedang berkendaraan. Dari satu sisi sedikit ada benarnya. Si pengguna tadi tetap dapat menerima telepon sambil tetap menyetir kendaraannya tanpa harus menepi dan berhenti, time is money mungkin ini prinsip yang mereka gunakan karena takut kehilangan kesempatan dan waktu hanya gara-gara harus menepi dan berhenti ketika akan menjawab panggilan handphone. Tapi apakah tindakan seperti ini sudah benar-benar aman ?
Sebuah riset yang dilakukan oleh Dr. Arthur F. Kramer bersama timnya dari University of Ilionis AS menemukan sebuah hasil yang mengejutkan, bahwa penggunaan handsfree sebenarnya menurunkan kemampuan dan kecepatan seseorang untuk mendeteksi serta bereaksi terhadap perubahan yang mendadak. Riset ini dipublikasikan jurnal Human Factors dimusim gugur tahun 2004 dengan melibatkan 14 orang pengemudi yang berusia rata-rata 21 tahun serta 14 orang yang berusia rata-rata 68 tahun. Pada penelitian tersebut diketahui bahwa kelompok pengemudi muda yang rata-rata berusia 21 tahun memberikan reaksi lambat ketika ada orang yang menyeberang jalan bahkan sebahagiannya "tidak menyadari" ada orang yang sedang menyeberang jalan. Mereka para pengemudi muda ini mengenakan handsfree sambil mengemudi kendaraannya. Sementara pengemudi pada kelompok tua tidak menggunakan handsfree ketika mengemudi juga memberikan reaksi lambat tetapi hal ini justru disebabkan oleh faktor usia. Padahal, dalam kecepatan sedang apalagi tinggi, sepersekian detik sudah cukup untuk menimbulkan kecelakaan yang mematikan, baik bagi pengemudi sendiri, atau bagi pengguna jalan yang lain.
Nah, pilih mana sobat semilir, mau menepi dan berhenti sejenak menerima panggilan handphone untuk kemudian melanjutkan perjalanan dengan aman atau tetap melaju sambil menggunakan handsfree dengan peluang menabrak kendaraan lain, menabrak orang lain atau bahkan mencelakai diri sendiri , atau jika kelihatan petugas, anda akan di "priit" dipaksa berhenti untuk menyelesaikan pelanggaran yang baru dilakukan yaitu berkendaraan sambil ber-"handphone ria".~Semilir hati

0 comments:

Posting Komentar

Jika sobat merasa informasi ini bermanfaat, silahkan sobat memberikan komentar. Jika sobat hendak men-COPY ARTIKEL INI, MOHON KIRANYA MENCANTUMKAN SUMBERNYA, MARI KITA SALING MENGHARGAI HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL. Jangan lupa, klik Google+ diside bar sebelah kiri