16.41
2

Berbagai Jenis Temperamen Anak~Sobat semilir, siapa sih yang tidak gemes "ngeliat" anak-anak usia balita yang lucu dan ngegemesin ? Tetapi setiap anak membawa "bakat" mereka masing-masing. Ada yang bikin gemes, tetapi ada sebagian yang bikin jengkel. Gak usah jengkel sobat, setiap anak membawa bakat temperamen yang berbeda-beda, hanya perlu bagaimana kita menghadapinya. Berikut ini saya kutipkan dari Ayah Bunda buat sobat semua (dengan sedikit perubahan dibeberapa bagian) :

  1. Si Pendiam, bayi masuk kategori ini jika ia idak terlalu banyak tingkah dan sangat kalem. Ia juga tidak sulit disuapin dan dimandikan. Jika menangis, bayi tipe ini dengan mudah dapat ditenangkan. Punya bayi dengan temperamen ini menyenangkan namun umumnya bayi-bayi pendiam ini biasanya lebih lambat mencapai tahap-tahap perkembangan dibanding bayi dengan temperamen lain. Sabarlah menghadapinya,. Cobalah sering-sering memberi stimulasi berupa nyanyian, cerita-cerita atau mainan yang merangsang gerak motoriknya. 
  2. Si Aktif, bayi dengan kategori ini sangat aktif setiap hari, sejak bangun hingga menjelang tidur. Mereka hanya perlu tidur sedikit untuk memperbaiki tingkat energinya, lalu kembali dengan segala aktifitasnya. Ia akan memainkan semua hal yang menarik perhatiannya dan menjadi rewel bila merasa bosan. Bayi dengan tipe ini biasanya memiliki kematangan fisik diatas rata-rata bayi seusianya. Karena sulit dilarang melakukan suatu kegiatan, cobalah membuat lingkungan yang aman untuk dijelajahi siaktif ini.
  3. Si Tergantung, sikecil sangat tergantung pada kehadiran orang lain, ia protes jika ia diletakkan  sendiri didalam boksnya. Semua aktifitasnya dilakukan dengan mudah jika ada orang lain didekatnya misalnya makan atau tidur, sepanjang anda menemani, tidak akan ada masalah. Namun begitu tidak melihat anda, ia protes sejadi-jadinya, cobalah membuat bayi temperamen ini mandiri dan mampu berpisah dengan anda. Awalnya pasti protes namun dengan mudah menyesuaikan diri dengan orang yang menggantikan posisi anda dalam merwatnya.
  4. Si Riang Gembira, mudah dibedakan dari bayi lain karena ekspresinya selalu tersenyum dan tertawa. Jika melihat orang lain bayi-bayi ini biasanya menggerakkan tangan dan kakinya, seolah-olah hendak menyapa. Bayi-bayi ini umunya berkembang menjadi anak yang kudah bergaul dan disenangi teman-temannya. Untuk mengimbangi, cobalah memperkenalkan kegiatan yang lebih tenang misalnya membiarkannya mendengarkan bacaan alquran oleh qori cilik, atau cerita-cerita Islami sendiri sehingga iapun terbiasa sendiri. 
  5. Si "Aku Tahu Yang Kumau", bayi-bayi ini bisanya tahu benar apa yang diinginkan bahkan sejak dilahirkan. Jika ia tidak sedang ingin tidur, andapun kesulitan menidurkannya. Begitu pula dengan aktifitas lain yang tidak diinginkannya. Jika dipaksa, sikecil memprotes tindakan anda hingga berjam-jam tanpa lelah. Untungnya anak-anak ini biasanya berubah menjadi anak yang lebih mudah ketika ia sudah bisa diajak berkomunikasi dan bernegosiasi . Ketika masih bayi, yang dapat dilakukan adalah mngenali kebutuhan dan memberikan rutinitas yang sama setiap hari. Kegiatan yang terprediksi dari waktu-w\ke waktu sangat dibutuhkan untuk mengimbangi kebutuhannya ini.
Ini hanya kecendrungan yang tampak secara umum, bisa saja yang kelihatan berbeda dengan bakat sesungguhnya. Wallahu a'lam~Semilir hati

2 comments:

  1. Bapak dlu termasuk bayi yang mana ya?

    :D

    BalasHapus
  2. Sepertinya saya masuk dalam kelompok Siaktif Yang Riang Gembira tuh, hehe, pokoknya yang baguslah

    BalasHapus

Jika sobat merasa informasi ini bermanfaat, silahkan sobat memberikan komentar. Jika sobat hendak men-COPY ARTIKEL INI, MOHON KIRANYA MENCANTUMKAN SUMBERNYA, MARI KITA SALING MENGHARGAI HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL. Jangan lupa, klik Google+ diside bar sebelah kiri