05.42
0

Animasi Lampu Suar~Sobat semilir, khususnya para pendidik, sudah lama saya gak sharing trik membuat animasi pembelajaran dengan power point, rindu rasanya untuk kembali berbagi trik animasi media pembelajaran lagi, tapi saya bingung mencari ide apa yang akan saya share kali ini. Tapi biarlah, saya kali ini mencoba membuat animasi lampu suar, animasi sederhana sih, seperti video berikut ini :


Untuk animasi semak yang bergerak, sobat semilir dapat merujuk kembali artikel sebelumnya yaitu membuat scrolling background, adapun animasi orang berjalannya, sobat semilir dapat merujuk artikel animasi sederhana orang berjalan, nah pada kesempatan kali ini, saya akan membahas cara membuat animasi sederhana lampu yang berputar-putar seperti pada video diatas.
Untuk membuat animasi tersebut, persiapkan sebuah objek segitiga seperti gambar dibawah ini, jika sobat kesulitan, lihat kembali cara membuat objek unik pada power point.

Kemudian putar objek tersebut 90 derjat searah jarum jam, atur beberapa properti, yaitu Line Color : No Line dan properti Fill diubah menjadi gradient, jangan lupa ubah Transparancy pada Stop 3 bernilai 100% seperti gambar berikut ini :


Kemudian duplikasikan objek segitiga tersebut. Kemudian objek yang kedua diputar sehingga posisi kedua objek tampak seperti gambar berikut ini :


Setelah itu, gabungkan kedua objek menjadi satu menggunakan prosedur Grouping. Baru kemudian langkah terakhir kita memberi animasi Empassis - Spin, atur beberpa properti seperti Repeat, Speed agar  gerakan animasinya seperti yang kita inginkan. Untuk file animasinya dapat didownload DISINI. Demikian semoga bermanfaat~Semilir Hati

0 comments:

Posting Komentar

Jika sobat merasa informasi ini bermanfaat, silahkan sobat memberikan komentar. Jika sobat hendak men-COPY ARTIKEL INI, MOHON KIRANYA MENCANTUMKAN SUMBERNYA, MARI KITA SALING MENGHARGAI HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL. Jangan lupa, klik Google+ diside bar sebelah kiri