05.55
2

Teknik Kombinasi Animasi Pada Power Point~Sobat semilir, khususnya buat para guru tercinta, sudah beberapa lama rasanya saya tidak membuat tutorial animasi sederhana menggunakan aplikasi yang biasa kita gunakan yaitu Power Point. Ibarat seni melukis, seseorang yang baru berkenalan dengan kuas dan kanvas tidak akan menghasilkan hasil seni yang bernilai tinggi. Coretan kuas dikanvas ini baru akan berharga tinggi tentunya setelah melalui proses yang lama, dilakukan berkali-kali dan melalui proses yang panjang. Demikian juga Animasi Power Point. Jangan berharap dengan satu kali membuat maka hasil animasinya akan langsung bagus. Perlu waktu yang lama, percobaan berkali-kali, salah berulang-ulang, mencoba inovasi-inovasi dan trik baru dan itu semua merupakan proses pembelajaran sehingga kita dapat membuat sebuah animasi yang bagus, smooth dan indah. Kata kuncinya jangan pernah menyerah, coba dan coba lagi.
Kali ini saya akan sharing Teknik Kombinasi Animasi Pada Power Point berupa animasi mobil berbelok seperti video dibawah ini :


Dari video diatas, kita dapat menyimpulkan bahwa animasi yang dibuat merupakan kombinasi dari beberapa buah animasi. Sebenarnya contoh kali ini adalah bentuk lain dari kombinasi animasi seperti yang sudah saya bahas sebelumnya ketika membuat animasi robot berjalan. Pada contoh kali ini saya menggunakan 4 (tiga) buah animasi seperti yang tampak pada gambar desain berikut ini :


Animasi animasi yang digunakan adalah :
  1. Motion Path - Left
  2. Emphassis - Spin
  3. Motion Path - Draw Custom Path - Curve
  4. Motion Path - Down
Pertama-tama, sobat cari dulu gambar mobilnya, cari gambar yang sesuai, gambar mobil tampak atas, kemudian posisikan pada posisi awal dimana mobil mulai bergerak. Setelah itu aktifkan panel animasi dengan memilih menu Animations, Custom Animation. Setelah itu klik mobil, dan pilih menu yang pertama, Motion Path, Left. Atur beberapa propertinya, Speed : Slow, beri tanda checklist pada Smooth Star dan hilangkan tanda checklist pada smooth end. Start On Click. Selanjutnya tambahkan animasi kedua yaitu Emphassis - Spin. Ubah properti Amount - 90 derajat Counterclockwise, karena mobil akan berbelok kekiri. Start diubah menjadi After Previouse. Setelah itu tambahkan animasi ketiga yaitu Motion Path - Draw Custom Path - Curve. Sebagai alat bantu agar proses beloknya kelihatan smooth, bantu dengan sebuah lingkaran untuk membuat jalur berbeoknya seperti gambar dibawah ini :


Jika jalur berbeloknya sudah jadi, hapus lingkaran bantu dan posisikan jalur berbelok tersebut agar bersambung dengan akhir dari motion path - left sebelumnya yang telah kita buat. Posisikan dengan cara menggeser menggunakan keyboard. Untuk gerakan objek pixel demi pixel, kombinasikan tombol panah dan tombol Ctrl. Ubah beberapa properti Curve, Start With Previouse, hilangkan checklist pada Smooth Start dan smooth end. Langkah terakhir tambahkan animasi keempat, motion path, down. Ubah properti Start menjadi After Previouse, hilangkan checklist Smooth start dan tambahkan checklist smooth end. Ubah speed menjadi slow. Tinggal tambahkan beberapa dekorasi seperti jalur jalan yang akan dilalui menggunakan teknik-teknik membuat objek unik yang sudah kita bahas sebelumnya. Untuk file lengkapnya dapat sobat download DISINI. Semoga bermanfaat~Semilir hati

2 comments:

  1. Keren banget,, makasih yaaa.. sangat membantu tips-2 power pointnya,,, :)

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah, mudah-mudahan bermanfaat

    BalasHapus

Jika sobat merasa informasi ini bermanfaat, silahkan sobat memberikan komentar. Jika sobat hendak men-COPY ARTIKEL INI, MOHON KIRANYA MENCANTUMKAN SUMBERNYA, MARI KITA SALING MENGHARGAI HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL. Jangan lupa, klik Google+ diside bar sebelah kiri