06.41
0

Memanfaatkan CallOut Untuk Animasi Pada Peta Buta~Sobat semilir khususnya buat guru-guruku tercinta, tutorial kali ini adalah bagaimana caranya kita memanfaatkan gabungan animasi seperti animasi-animasi sebelumnya yang sudah kita buat seperti Teknik Kombinasi Animasi, kali ini saya juga masih akan menggunakan kombinasi 2 animasi tetapi untuk media pembelajaran yang berbeda. Kali ini saya akan membuat tutorial untuk membangun media pembelajaran yang menerangkan ibukota kabupaten pada menggunakan peta buta ayang akan tampil berupa Callout seperti video berikut ini :


Pada video diatas terlihat, jika kita mengklik titik-titik ibukota kabupaten pada peta maka akan muncul sebuah Callout yang menyebutkan tentang ibukota kabupaten yang kita pilih. Pemanfaatan lebih lanjut tentu kembali kepada sobat sekalian.
Untuk membuatnya terlebih dahulu sobat harus menginsert sebuah gambar peta, kemudian membuat beberapa objek lingkaran sebagai penanda ibukota kabupaten yang sekaligus juga nantinya akan berfungsi sebagai trigger, kemudian objek Callout untuk masing-masing kota/kabupaten seperti gambar berikut ini :


Atur posisi Callout sedemikian rupa agar tidak menutupi peta, caranya dengan memindahkan Callout keluar dari wilayah peta dan menarik ujung Callout agar bersentuhan dengan titik merah ibukota kabupaten yang akan menjadi trigger sehingga tampil seperti gambar diatas. 
Kemudian aktifkan Panel Custom Animations, Klik/select Callout Rokan Hilir, Add animations, Entrance - Fade in, ubah properti speed menjadi Fast, tambahkan Animasi lagi, Exit - Fade Out, ubah properti Start menjadi After Previouse, ubah Delay menjadi 3 dan properti Speed menjadi Fast. Kemudian klik kanan animasi Fade in, pilih menu Timing, klik Trigger, pilih Start Effect on Click Of, lalu pilih objek lingkaran yang ada diibukota kabupaten Rokan Hilir. Oh ya, urutan objek yang ada didalam daftar Trigger sesuai dengan urutan objek yang dibuat didalam slide ! Jangan lupa, atur kembali urutan animasinya menjadi Fade In, kemudian Fade Out. Lakukan pada semua objek Callout yang telah kita buat sebelumnya, sehingga panl custom animation tampak seperti gambar berikut ini :


Adapun untuk animasi secara lengkap, dapat sobat download DISINI. Semoga bermanfaat~Semilir hati



0 comments:

Posting Komentar

Jika sobat merasa informasi ini bermanfaat, silahkan sobat memberikan komentar. Jika sobat hendak men-COPY ARTIKEL INI, MOHON KIRANYA MENCANTUMKAN SUMBERNYA, MARI KITA SALING MENGHARGAI HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL. Jangan lupa, klik Google+ diside bar sebelah kiri