06.42
0

Kuis Tebak Warna~Sobat semilir, ini namanya sekali merangkuh dayung, dua tiga pulau terlampaui. Sekali posting dua artikel terpublish. Hehehe. Kebetulan tadi dapat aspirasi eh inspirasi ketika melihat media pembelajaran untuk anak-anak berupa program tebak warna yang dibuat menggunakan VB. Jadi konsepnya ini media ini menunjukkan kepada anak-anak, tulisan untuk warna kuning seperti apa, dan warnanya bagaimana. Misalnya ketika diklik warna kuning maka muncul kotak berwarna kuning. Ketika diklik tulisan warna merah, maka akan muncul kotak berwarna merah seperti video berikut ini :


Sebenarnya untuk membuatnya mudah sekali, hanya menggunakan kombinasi beberapa animasi dan memanfaatkan trigger. Pertama tama buat dahulu objek objeknya berupa tulisan warna dan kotak yang diberi dengan warna sesuai seperti gambar berikut ini :


Setelah itu, beri animasi Entrance - Fade in pada kotak warna merah. Biarkan start On Click. Lalu tambahkan lagi animasi Exit - Fade Out pada kotak merah tersebut. Ubah properti start menjadi after previouse, tapi jangan lupa ubah juga properti delay menjadi 3, ini untuk memberi jeda agar kotak animasi warna merah ini tidak langsung hilang lagi. Tapi tampil dulu selama 3 detik agar anak-anak tahu, ooo ini to yang berwarna merah. Setelah itu beri trigger pada animasi Entrance - Fade In yang sudah dibuat dan jadikan tulisan merah menjadi objek Triggernya. Setelah diberi triger, atur lagi urutannya yaitu Fade in dan Fade out. Lakukan hal serupa pada setiap objek kotak sehingga terdapat urutan animasi seperti berikut ini :


Karena capek, saya tidak ceritakan panjang lebar kepada sobat, tetai sobat dapat download DISINI, semoga bermanfaat~Semilir hati

0 comments:

Posting Komentar

Jika sobat merasa informasi ini bermanfaat, silahkan sobat memberikan komentar. Jika sobat hendak men-COPY ARTIKEL INI, MOHON KIRANYA MENCANTUMKAN SUMBERNYA, MARI KITA SALING MENGHARGAI HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL. Jangan lupa, klik Google+ diside bar sebelah kiri