14.53
0

Etika Di Malam Pertama~Sobat semilir, kalau melihat judulnya, saya jadi malu-malu juga nih membahasnya, tetapi karena yang saya ceritakan ini adalah sesuatu yang diatur didalam syari'at, jadi kenapa malu, toh ini adalah ibadah. Sobat semilir, seperti yang banyak terjadi disekitar kita, akhir tahun beberapa bulan kemaren merupakan saat yang padat dengan undangan, sabtu dan minggu biasanya sudah ada jadwal tambahan. Yaitu jadwal menghadiri undangan pernikahan, baik teman, saudara maupun kerabat. Mulai yang dari hanya prosesi syukuran hingga ada yang mengisi walimahan dengan acara-acara yang lebih heboh. Saya tidak membahas bagaimana proses walimahan secara syar'i, tetapi yang akan saya ceritakan disini adalah bagaimana setelah acara walimahannya selesai, para tamu sudah pada pulang, dan sang pengantin memulai kehidupan pertamanya berdua dengan orang yang dikasihinya. Ehem-ehem....
Begitu sempurnanya Islam sehingga setiap gerak-gerik kita dituntun agar selamat dari yang namanya godaan syaithan yang ujungnya membawa kita kepada kesesatan, didunia apalagi diakhirat. Tidak terlepas  pula urusan malam pertama. Dan ini merupakan hal yang mesti diketahui oleh para calon-calon pengantin baru, agar supaya niat menjadikan keluarga sakinah mawaddah warahmah tercapai dan dikabulkan Allah azza wajalla, sebaiknya memulai malam pertama dengan cara-cara yang disyariatkan. Baiklah, apa saja etika dimalam pertama ?

1. Mengucapkan Salam kepada Pengantin Wanita
Dalam Islam apabila kita menemui seseorang maka kita harus mengucapkan Salam terlebih dahulu intinya yaitu saling mendo'akan agar di berikan keselamatan.

2. Meletakkan Tangan di atas kening Pengantin Wanita dan menDo'akannya
Nabi Muhammad Sallallaahu 'alaihi wasallam bersabda :" Jika salah seorang dari kalian menikahi seorang perempuan atau seorang budak, hendaklah ia meraih kepala bagian depannya sambil menyebut Nama Allah Azza Wazalla dan berdo'a memohon keberkahan, kemudian hendaklah dia berdo;a



"Ya Allah, aku memohon kepada-Mu kebaikannya dan kebaikan yang Kau Ciptakan padanya. Aku berlindung kepadamMu dari keburukannya dan keburukan yang Kau ciptakan padanya. "(HR Abu Daud dan An-Nasa'i)

3. Mengajak Shalat Sunnat Dua Rakaat
Dikisahkan oleh Abu Sa'id, budak Abu Arsyad. "Aku menikah pada saat aku berstatus budak, lalu aku undang beberapa sahabat Nabi  Sallallaahu 'alaihi wasallam  yang diantarnya adalah Ibnu Mas'ud, Abu Dzarrm dan Hudzaifah. Azan shalat berkumandang dan Abu Dzar langsung maju kedepan. Hadirin yang lain berkata. "Tunggu" Ia menjawab. "Bukankah seharusnya begini?"Mereka menukas. "Ya"
Abu Sa'id melanjutkan, "Aku maju bersama mereka padahal aku adalah budak belian. Mereka lantas mengajariku dan berkata, "Jika istrimu datang shalatlah dua rakaat terlebih dahulu, kemudian mintalah kepada Allah Subhaanahu Wata'aala yang terbaik dari sesuatu yang masuk kepadamu dan berlindunglah kepada-Nya dari keburukannya. Selanjutnya terserah kamu dan istrimu."

4. Bersiwak (Menggosok Gigi) Sebelum Mencumbunya
Hal ini dilakukan tiada lain untuk menjaga kemesraan pasangan pengantin. karena dengan bersiwak mulut kita terasa segar tidak bau yang aneh-aneh. Sesuai dengan Sabda Nabi Muhammad  Sallallaahu 'alaihi wasallam  :
Diceritakan oleh Syuraij bin Hani "Aku pernah bertanya kepada Aisyah ra. "Apakah yang pertama kali dilakukan Nabi  Sallallaahu 'alaihi wasallam  ketika masuk rumah." Ia menjawab, "Bersiwak (Menggosok Gigi)" (HR Muslim)
Gak enak kan rasanya, rencana malam pertama jadi rusak dan buyar karena mulut menebar bau tak sedap...


5. Menyebut Nama Allah dan Berdo'a Mohon Perlindungan dari Godaan Syaitan
Ibnu Abbas radhiyallahu anhu bahwa Rasulullah Sallallaahu Alaihi Wasallam bersabda, "Kalau saja ketika setiap orang dari kalian mendatangi istri mengucapkan :


"Dengan menyebut nama Allah, ya Allah, jauhkanlah aku dari setan dan jauhkanlah setan dari apa yang Kau anugerahkan kepada kami). Kemudian dari keduanya ditakdirkan mendapatkan anak maka setan tidak akan dapat membahayakan selama-lamanya." (HR Bukhari dan Muslim).

Nah sobat semilir, harus sabar, prosesnya gak panjang-panjang amat kok, yang penting apa yang kita lakukan diberkahi dan dirahmati Allah azza wajalla, dan tentunya akan menjadi lebih menarik daripada main "sosor-sosor" aja, nah buat yang baru aja menikah, setelah mengamalkan ke-lima hal diatas, selanjutnya terserah anda.~Semilir hati

0 comments:

Posting Komentar

Jika sobat merasa informasi ini bermanfaat, silahkan sobat memberikan komentar. Jika sobat hendak men-COPY ARTIKEL INI, MOHON KIRANYA MENCANTUMKAN SUMBERNYA, MARI KITA SALING MENGHARGAI HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL. Jangan lupa, klik Google+ diside bar sebelah kiri