15.26
0

Istilah Yang Tidak Jelas~Terkadang ada orang tua yang berkata, “Awas ya, kalau abang mau ikut Ayah, tidak boleh nakal !” atau “Awas, kalo mau ikut Ayah jangan macam-macam ya, pokoknya Ayah gak mau lihat abang nakal”.
Sebahagian orang tua sering menggunakan istilah-istilah yang tidak memiliki maksud yang jelas atau membingungkan, kalau istilah dewasa sih multitafsir seperti istilah “nakal” atau “jangan macam-macam”. Istilah ini akan membingungkan anak kita. Dalam pemikiran mereka, mereka menjadi bingung dan bertanya-bertanya apa yang dimaksud dengan nakal, tingkah laku seperti apa yang masuk dalam kategori "nakal", dan perilaku apa yang masuk dalam kategori "macam-macam". Selain membingungkan mereka, anak-anak juga akan menebak-nebak arti dari istilah nakal atau macam-macam tersebut. Sehingga, anak-anak akan mencoba-coba untuk mengetahui perilaku yang masuk kategori nakal atau macam-macam tersebut.
Sebaiknya yang kita lakukan adalah berbicaralah dengan jelas dan spesifik, misalnya, “Sayang, bila abang ingin ikut Ayah, abang tidak boleh minta mainan, minta permen dan tidak boleh berteriak di kasir seperti minggu lalu ya”. Sehingga anak jelas memahami keinginan kita dan berusaha memenuhinya. Jangan lupa untuk menetapkan kesepakatan bersama apa konsekuensinya jika hal itu dilanggar.~Semilir hati (Disadur dari 37 kebiasaan orang tua yang menghasilkan perilaku buruk pada anak)

0 comments:

Posting Komentar

Jika sobat merasa informasi ini bermanfaat, silahkan sobat memberikan komentar. Jika sobat hendak men-COPY ARTIKEL INI, MOHON KIRANYA MENCANTUMKAN SUMBERNYA, MARI KITA SALING MENGHARGAI HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL. Jangan lupa, klik Google+ diside bar sebelah kiri