08.26
0

Ucapan dan Perbuatan Tidak Sejalan~Sebahagian orang tua senang memberikan hadiah kepada anaknya apabila sang anak menuruti apa kemauannya. Hadiah tersebut dapat berupa pujian atau bahkan berupa barang atau berupa janji seperti misalnya diajak ke mall, diajak jalan-jalan ketempat rekreasi dan sebagainya. Misalnya “Kiki, bersihin rumah ya, bantu bunda, kalo kiki bantu bunda bersihin ruamah, nanti sore, bunda ajak deh jalan-jalan ke mall”. Dan pada sore harinya, ternyata kita tidak memenuhi janji membawanya ke mall, sehingga  anak kita menjadi jengkel dan marah.
Anak memiliki daya ingat yang kuat, apalagi terhadap janji yang dia sangat mengharapkan untuk terpenuhinya janji tersebut. Jika kita tidak menepati janji yang sudah kita ucapkan kepadanya, maka anak kita tidak akan percaya lagi kepada kita, bahkan tidak lagi mau menuruti apa keinginan kita, karena kebiasaan memberikan janji kepada anak dan anak akan berpikir, "ah, paling-paling ayah/bunda bohong lagi" begitu pikiran mereka.
Karenanya, jangan dengan mudah mengumbar janji pada anak dengan tujuan untuk membujuknya, merayunya, agar ia mau mengikuti keinginan kita. Pertimbangkan dahulu sebelum berjanji kepada anak kita apakah kita benar-benar bisa memenuhi janji tersebut atau tidak. Jika ada janji yang tidak bisa kita penuhi maka segeralah meminta maaf kepadanya, berilah alasan yang sebenarnya secara jujur dan minta dia untuk menentukan apa yang kita bisa lakukan bersama anak untuk mengganti janji tersebut.~Semilir hati (Dari berbagai sumber)

0 comments:

Posting Komentar

Jika sobat merasa informasi ini bermanfaat, silahkan sobat memberikan komentar. Jika sobat hendak men-COPY ARTIKEL INI, MOHON KIRANYA MENCANTUMKAN SUMBERNYA, MARI KITA SALING MENGHARGAI HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL. Jangan lupa, klik Google+ diside bar sebelah kiri