15.27
0

Bukan Pencuri Biasa~Sobat semilir, siapa yang tidak tahu dengan sebutan pencuri ? Pencuri adalah sebutan untuk seseorang yang mengambil barang yang bukan miliknya. Pekerjaan seorang pencuri disebut dengan mencuri. Sebutan ini merupakan sebuah aib yang memalukan dimata masyarakat. Sehingga pelakunya terkadang risih dan akhirnya menyingkir dari kehidupan sosial masyarakat. Walau belakangan ini ada kegiatan yang dikategorikan mencuri juga namun karena "dialih bahasakan" sehingga tidak membuat pelakunya jera dan malu, justru bangga, sebutan baru tersebut adalah Korupsi. Dan pelakunya disebut dengan Koruptor. Yang membedakannya adalah jikalau pencuri, barang yang diambil adalah barang miliki perorangan, atau sekelompok orang. Sedangkan koruptor, mengambil barang atau uang milik rakyat. Perbedaan lainnya adalah, jika pencuri biasanya berpenampilan urakan, barangkali brewokan, atau merupakan orang yang kepepeet kebutuhan hidup, koruptor justru orang berdasi, berpendidikan dan orang berkecukupan.
Tapi baik pencuri maupun koruptor adalah sebutan yang disandangkan oleh manusia kepada orang-orang yang disangkakan/dituduhkan melakukan pekerjaan mencuri. Ada sebutan pencuri yang lain, tetapi sangat banyak dilakukan orang, dan orang yang melakukan tidak merasa melakukan pencurian. Justru yang bersangkutan lebih takut disebut sebagai pencuri oleh manusia bila dibandingkan dengan sebutan yang satu ini. Karena pencuri yang ini bukan pencuri biasa. Yang memberikan sebutan ini adalah Allah Azza Wajalla dan Rasulnya Sallallahu 'Alaihi Wasallam. Yang memberikan sebutan ini adalah Tuhan Pencipta Alam Semesta dan Utusannya Yang Mulia, tetapi manusia lebih takut disebut pencuri oleh manusia ketimbang disebut pencuri oleh Allah dan Rasul-Nya Sallallahu 'Alaihi Wasallam.
Siapakah orang yang dimaksud ? Yaitu orang yang tidak menyempurnakan rukuk dan sujudnya didalam shalatnya. Dalam sebuah hadits dikatakan :

Dan Rasulullah SAW telah menjadikan orang yang mencuri di dalam shalatnya sebagai pencuri yang paling keji dibanding pencuri harta. Diriwayatkan oleh Imam Ahmad di dalam kitab musnadnya dari hadits Abi Qotadah RA bahwa Nabi bersabda: Orang yang paling buruk adalah orang yang mencuri dari shalatnya”. Para shahabat bertanya: Wahai Rasulullah bagaimanakan seseorang mencuri dari shalatnya ?. Beliau bersabda: Dia tidak menyempurnakan ruku’ dan sujudnya”. Atau beliau bersabda: Dia tidak menegakkan tulang punggungnya pada saat dia ruku’ atau sujud”.(Musnad Imam Ahmad: 5/310)

Adapun pada waktu ruku’ sebagaian orang merendahkan punggungnya melebihi yang semestinya atau mengangkatnya, dan ini adalah kesalahan, sebab apabila Nabi melakukan ruku’ maka beliau membentang punggungnya dan meratakannya sehingga kalau air diletakkan padanya niscaya dia akan tetap terdiam. (Sunan Ibnu Majah hal: 103 no: 872)

Diriwayatkan oleh Al-Nas’I dari hadits Abi Humaid dia berkata: Apabila Rasulullah SAW ruku’ maka beliau ruku’ dengan tegak, beliau tidak mengangkat kepala dan tidak pula menundukkannya dan beliau melatakkan kedua tangannya di atas kedua lututnya”. (Al-Nasa’i: no: 1039) Adapun pada waktu bersujud, sebagaian orang yang bersujud tidak melatakkan keningnya dengan benar pada tanah, sebgaian orang mengangkat kedua telapak kakinya dari permukaan bumi. Dan diriwaytkan oleh Imam Bukhari dari hadits riwayat Ibnu Abbas bin Abdul Muththalib bahwa Nabi bersabda: Aku diperintahkan untuk bersujud pada tujuh tulang, yaitu pada kening dan beliau memberi isyarat pada hidung beliau, dan kedua tangan, kedua lutut serta ujung kedua kaki”.(Al-Bukhari: 812 dan Muslim: 490)

Sudikah anda wahai saudaraku disebut sebagai pencuri ? Apalagi jika yang menyebut anda sebagai pencuri adalah Sang Maha Pencipta Alam Semesta dan Rasul -Nya Sallallahu 'Alaihi Wasallam, mana yang anda pilih, disebut pencuri oleh manusia atau oleh Allah Azza Wajalla dan RasulNYa Sallallahu 'Alaihi Wasallam ? Tentu tidak kedua-duanya, tidak sebutan manusia, apalagi sebutan pencuri dari Allah Azza Wajalla dan RasulNYa Sallallahu 'Alaihi Wasallam. Karenanya, sempurnakanlah Ruku' dan Sujud, Wallahu A'lam~Semilir hati

0 comments:

Posting Komentar

Jika sobat merasa informasi ini bermanfaat, silahkan sobat memberikan komentar. Jika sobat hendak men-COPY ARTIKEL INI, MOHON KIRANYA MENCANTUMKAN SUMBERNYA, MARI KITA SALING MENGHARGAI HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL. Jangan lupa, klik Google+ diside bar sebelah kiri