00.51
11

Beberapa Sebab Alexa Rank Turun~Dahulu saya sempat bertanya-tanya dan menduga-duga, kira-kira apa yang menyebabkan alexa rank naik turun. Saya menuangkan kebingungan saya tersebut pada dua artikel terdahulu yang judulnya DBD dan alexa rank berbalik arah. Setelah sekian lama berhipotesa, saya justru baru mendapat jawabannya hari ini, paling tidak itu baru hipotesa saya. Setelah mencoba-coba bereksperimen pada artikel-artikel terdahulu sambil memperhatikan pergerakan alexa rank hingga angka tertinggi saya peroleh seperti tertera pada widget alexa rank dipanel sebelah kiri saya yang menunjukkan angka 491.735. Saya sengaja tidak merefresh angka alexa rank tersebut, padahal sesungguhnya jika dilihat pada alexa toolbar pada browser sobat angka yang tertera saat ini sebagai alexa rank semilir hati adalah 518.931. Hehehe...buah dari hasil uji coba karena sebelumnya melorot ke angka 525.xxx dan turun menjadi 518.931. Tapi gak papa, saya jadi mengerti salah satu parameter inti dari penetapan alexa rank.
Sekali lagi, paling tidak ini hipotesa saya buat teman-teman sekalian yang baru belajar, beberapa hal yang harus diperhatikan jika menginginkan alexa rank meramping secara signifikan, mulai dari jutaan, ratusan ribu dan ribuan  adalah :

  1. Jangan sekali-kali copy paste artikel "milik orang lain" tanpa melakukan "alih bahasa" atau copas artikel sendiri (double posting).
  2. Jika melakukan alih bahasa, tidak cukup dilakukan hanya sekedarnya saja, dengan arti kata, masih ada rangkaian kata bahkan paragraph yang masih sama seperti artikel sumber, meskipun kita melampirkan sumbernya.
  3. Karena mencari ide itu bukanlah pekerjaan gampang, karenanya copas artikel adalah perkara sah-sah saja jika bukan bermaksud plagiat, tetapi jadikanlah materi copas ini sebagai ide saja, dengan arti, ubah secara total gaya bahasa dan uraian kata-katanya, jadikan paparan artikel tersebut dengan bahasa kita sendiri, dan judul yang jauh dari sama dengan judul sebelumnya, termasuk unsur katanya. 
  4. Yang penting juga, publishlah artikel "ORI" secara rutin.
Dengan 3 poin diatas, saya yakin insyaAllah, alexa rank sobat akan menukik tajam. Semoga bermanfaat.~Semilir hati

11 comments:

  1. Salam Admin

    saya sudah melakukan tips dari admin beberapa bulan terakhir, tapi alexa rank saya turun terus mualai dari 1.098.000 ke 200.012. tapi teman saya yang artikelnya copas semua bahkan naik dari 2 jutaan ke 1.600.000.

    BalasHapus
  2. Meskipun saya pribadi tidak terlalu mementingkan alexa rank, tapi galau juga kalau melihat alexa rank blog saya kembung. Terimakasih untuk berbagi

    BalasHapus
  3. Mas Prayugo: Perhatikan juga periode posting, ritme posting kita juga berpengaruh mas menurut saya, kalau bisa rutin pada waktu-waktu yang sama, Mas Cahaya : Betul mas, mudah-mudahan kembungnya bisa berangsur-angsur berkurang...hehehe

    BalasHapus
  4. wah pantas selama ini webs saya menurun ternyata copy paste adalah penyebabnya.saya pikir karena itu artikel murni milik saya dan ingin mempublikasikannya ke beberapa social media dengan copy paste biar cepat ternyata dampak buruk ke alexarank turun peringkat. terima kasih infonya. udah terjawab penyebabnya.

    BalasHapus
  5. infonya lumayan untuk referensi..

    BalasHapus
  6. mantap nih mas info nya..sangat bermanfaat buat pemula seperti ane..trims info nya n salam...

    BalasHapus
  7. bro kalau misalkan link in dlm alexanya menurun tapi visitornya bertambah.heran gw.knp bisa bgtu?

    BalasHapus
  8. Pantas aja ancur alexa rank ku dalam 1 hari...

    BalasHapus
  9. Bener sob ane tambahin knp alexa susah turun dikarenakan banyak saingan juga dari sesama blogger yg ingin menurunkan jg

    BalasHapus
  10. Kalau menurut ane si gan parameter yang digunakan alexa rank itu adalah mengacu pada visitor blog. Jadi banyak blog baru yg memiliki backlink banyak walaupun blognya copas. Inilah kuncinya gan bahwa backlink menjadi harga mati buat kehidupan blog.. Itu versi ane lho ya gan..

    Masfim dot Com || Blog Fuad | Free Download Software

    BalasHapus

Jika sobat merasa informasi ini bermanfaat, silahkan sobat memberikan komentar. Jika sobat hendak men-COPY ARTIKEL INI, MOHON KIRANYA MENCANTUMKAN SUMBERNYA, MARI KITA SALING MENGHARGAI HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL. Jangan lupa, klik Google+ diside bar sebelah kiri