19.27
0

Mengamankan Internet Dirumah~Sobat semilir, tidak dapat dipungkiri lagi, bahwa hari ini internet sudah masuk kerumah-rumah kita. Bahkan sampai kekamar anak-anak kita. Internet hari ini dengan mudah dan murah dapat dipasang dan diinstalasi oleh siapa saja. Bahkan oleh anak-anak kita yang usianya baru usia sekolah SD. Bak pisau bermata dua, internet selain memberikan manfaat yang besar terhadap pengetahuan dan teknologi anak kita, namun sekaligus juga dapat menjadi trigger penghancur generasi bangsa. Sebagaimana yang kita ketahui, beberapa kasus asusila yang trejadi dikalangan pelajar usia sekolah akhir-akhir ini justru terjadi karena pengaruh internet dirumah atau diwarnet-warnet.
Internet memang menyediakan materi apa saja, dan seperti yang saya selalu sampaikan setiap kali saya menjadi instruktur guru-guru didaerah, bahwa internet itu tergantung "nawaitu" penggunanya. Jika penggunanaya ingin mencari materi ilmu, maka ia akan memperolehnya dengan mudah. Demikian juga sebaliknya jika ia ingin mencari materi pornografi berupa gambar, film dan sebagainya, ia juga akan memperolehnya dengan mudah.
Nah, mengingat hal tersebut, rasanya kita harus bertindak cepat untuk mengamankan generasi muda kita, khususnya anak-anak kita dirumah dari bahaya dan dampak negatif internet. Yang dapat kita lakukan adalah dengan melakukan filter terhadap konten yang dapat mereka akses di perangkat-perangkat komputer dan browser yang mereka gunakan dirumah, apakah itu PC ataupun laptop. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas bagaimana melakukan pengamanan akses pada browser Chrome. Sebagaimana kita ketahui bahwa Chrome adalah browser handal, yang tentunya sudah mempersiapkan hal ini seperti halnya browser lainnya. Barangkali ini termasuk fitur yang belum banyak diketahui. Untuk mengaktifkan fitur ini sobat lakukan langkah-langkah berikut ini :

Extension yang akan kita gunakan adalah TinyFilter. Extension ini dapat sobat temukan di Chrome Web Store. Sobat dapat memasukkan KW TinyFilter pada pencarian sehingga tampil gambar seperti dibawah ini :


Lalu klik tombol + Tambahkan Ke Chrome sehingga muncul konfirmasi instalasi seperti gambar berikut ini :


Jika proses intalasi selesai, maka extension ini akan tampil sebagai salah satu extension pada chrome sobat seperti gambar berikut ini : 


Untuk mengatur dan mengaktifasi proses filtering, sobat bisa mengklik tombol yang bergambar kunci inggris disudut kanan Chrome sobat, lalu sobat pilih menu Pilihan atau Options sehingga tampil seperti gambar berikut ini, pilih menu Extensions, dilanjutkan dengan mengklik menu Opsi dari TinyFilter seperti gambar berikut ini :


Selanjutnya, sobat dapat melakukan pengaturan, apakah memblok situs, atau memblok keyword dan sebagainya seperti gambar berikut ini.


Demikian sobat, internet aman buat anak-anak kita dirumah, semoga bermanfaat. ~Semilir hati

0 comments:

Posting Komentar

Jika sobat merasa informasi ini bermanfaat, silahkan sobat memberikan komentar. Jika sobat hendak men-COPY ARTIKEL INI, MOHON KIRANYA MENCANTUMKAN SUMBERNYA, MARI KITA SALING MENGHARGAI HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL. Jangan lupa, klik Google+ diside bar sebelah kiri