Contoh Soal Pedagogik Uji Kompetensi Guru~Jadwal pelaksanaan UKA sudah tidak lama lagi. Bapak dan ibu guru tentu telah mempersiapkan segala sesuatunya untuk mengikuti UKA ini agar sukses. Termasuk kedalam salah satu yang dinyatakan lulus UKA dan berlanjut dengan proses PLPG. Sebagaimana sudah dijelaskan pada kisi-kisi soal UKA yang lalu, bahwa secara garis besar, materi uji untuk UKA 2012 terdiri dari 2 (dua) kelompok besar soal, yaitu :

  1. Penguasaan materi, dan
  2. Pedagogik.
Nah, secara teknis, sebenarnya jika guru yang bersangkutan aktif melaksanakan proses belajar mengajar sebagaimana mestinya sesuai dengan bidang studi yang diajarkan dan di sertifikasikan, maka insyaAllah kelompok soal penguasaan materi tidak akan menjadi masalah. Apalagi pengelompokan peserta didasarkan pada bidang studi. Yang menjadi kecemasan guru-guru calon peserta UKA ketika kami melakukan sosialisasi di daerah-daerah yaitu kelompok soal Pedagogik. Ditambah lagi bahwa sitem yang digunakan adalah Lembar Jawaban Komputer (LJK) yang sedikit banyak mempengaruhi psikologis guru-guru calon peserta UKA yang rata-rata sudah berusia diatas 45 tahun. Tentu dalam hal melingkari dan menghitamkan LJK tadi akan menjadi sedikit kendala. Namun demikian, jangan terlalu khawatir, teruslah berdoa dan berusaha, dan kali ini saya akan berbagi contoh soal Uji Kompetensi Guru yang telah kami lakukan di beberapa daerah mudah-mudahan bisa menjadi bahan untuk merefresh kembali pengetahuan pedagogik yang dahulu sudah bapak/ibu pelajari. Mengingat materi utama pedagogik berisi peraturan-peraturan yang notabene harus dihafal. Contoh soal yang akan saya share disini hanya sebagai latihan dan bukan soal yang akan diujikan nantinya. Mudah-mudahan saja beberapa poin ada yang muncul.
Untuk mendownload contoh soal pedagogik, silahkan bapak dan ibu guru klik link berikut ini :


Demikian, semoga dapat mengurangi rasa kekhawatiran bapak/ibu guru. ~Semilir hati

0 comments:

Poskan Komentar

Jika sobat merasa informasi ini bermanfaat, silahkan sobat memberikan komentar. Jika sobat hendak men-COPY ARTIKEL INI, MOHON KIRANYA MENCANTUMKAN SUMBERNYA, MARI KITA SALING MENGHARGAI HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL. Jangan lupa, klik Google+ diside bar sebelah kiri