Ciri-ciri Teman Kerja Yang Harus Diwaspadai~Sobat semilir, dimanapun kita bekerja, dimana tempat bekerja tersebut adalah tempat berkumpul dan beraktifitasnya beragam tipe manusia, maka sudah barang tentu kita akan merasakan dan mengalami berbagai sensasi hubungan manusia, mulai dari yang baik hingga yang buruk. Berbagai tipe dan perilaku teman-teman sejawat juga akan berpengaruh kepada kinerja kerja masing-masing karyawan mengingat setiap individu tentu berusaha untuk memperoleh posisi dan jabatan serta pendapatan keuangan yang terbaik diantara teman-teman seprofesi di tempat bekerja tersebut.
Latar belakang agama dan pendidikan akan mewarnai pola dan tindak tanduk pencapaian prestise dan prestasi. Mulai dari yang berprestasi secara wajar, hingga yang main sikut, sikat, atau apalah namanya, pokoknya menghalalkan segala cara yang penting ambisi khususnya jabatan dan keuangan tercapai, biarlah teman diinjak atau dikhianati. Dan saya yakin dimanapun tempatnya, termasuk ditempat sobat bekerja, hal demikian juga banyak terjadi. Karenanya, kita perlu mengenal beberapa tipe manusia khususnya ditempat bekerja, agar kita dapat terhindar dari tindak-tanduk yang dapat mengalahkan kita secara tidak fair. Artinya, jika persaingan ditempat bekerja berjalan secara wajar dengan menunjukkan loyalitas, kinerja, kejujuran, keikhlasan kreatifitas dan karya masing-masing, itu sah-sah saja. Tetapi jika melalui cara-cara yang curang, manipulasi, intrik dan sebagainya, maka itulah cara-cara yang tidak fair.
Beberapa ciri-ciri teman kerja yang harus diwaspadai adalah sebagai berikut :
  1. Orang yang suka menjilat dan memuji. Orang dengan tipe seperti ini senangnya menjilat dan memuji untuk tujuan mengambil muka atau perhatian. Terkadang diiringi dengan menjelek-jelekan orang lain yang terkait dengan pekerjaan kita atau terkait dengan pekerjaan dia dengan cara membanding-bandingkan dengan kita atau dirinya dengan orang lain  dengan harapan kita akan tersanjung atau kita menyanjung dirinya dan memberikan dia kesempatan dan jabatan yang bagus. Keikhlasan itu parameternya dari hati, jika hati kita bersih dan ikhlas karena Allah semata, maka kita akan tahu persis apakah dia mengucapkan sesuatu dengan maksud tidak baik yang tersembunyi ataukah tulus. Karenanya kita perlu melakukan tabayyun (baca : cek and ricek)
  2. Orang yang akan membuat anda seolah-olah salah dan seolah-olah dia yang benar. Orang dengan tipe seperti ini akan menyalahkan pekerjaan kita dan seolah-olah berusaha membetulkan pekerjaan kita khususnya jika berhadapan dengan atasan. Padahal pekerjaan kita sudah benar, atau bahkan pekerjaan kita seolah-olah dia yang membetulkan atau memberikan arahan. Tujuannya tidak lain sama seperti diatas, agar dia mendapat perhatian dari atasannya.
  3. Orang yang suka bersilat lidah. Adakalanya teman sekerja anda akan berkata A dihadapan anda tetapi mengatakan B dihadapan orang lain. Orang yang bersilat lidah ini sering menimbulkan fitnah dan perselisihan dari ucapannya karena ucapannya tidak pernah konsisten. Istilah lainnya, ia senang bermain kata, lain dimulut, lain dihati dan lain pula apa yang dia kerjakan.
  4. Orang yang suka mengadu kepada atasan. Ada lagi tipe teman kerja yang senangnya menguping pembicaraan orang lain. Tujuannya tidak lain untuk dilaporkan kepada atasan, tentunya dengan tambahan cerita karangan dan bulan agar kita mendapat pujian dari atasan. Padahal belum tentu apa yang dia dengan seperti itu adanya, karena dianya baru mendengar sepotong saja dari apa yang diceritakan temannya. Dia tidak mendengar sampai tuntas, ee terus kabur untuk mengadu. Sebaiknya, jika akan membicarakan hal-hal yang sangat penting, cari teman yang betul-betul dapat dipercaya, dan perhatikan situasi sekitar.
  5. Orang yang suka membual. Orang yang tipenya seperti ini seperti tong kosong nyaring bunyinya. Mengakunya bisa membuat ini, mengerjakan itu, ee begitu diberi tanggung jawab, pekerjaan akan terlantar karena tidak selesai.Jika sudah tahu begitu, maka sebaiknya kita berhati-hati untuk memberikan tanggung jawab kepadanya.
  6. Orang yang suka menggunting dalam lipatan. Tipe yang terakhir ini adalah tipe yang paling menyebalkan, karena tidak peduli teman atau sahabat, demi keuntungannya, maka dia akan melakukan apa saja meskipun harus memfitnah, menjelek-jelekkan teman kerja bahkan akan membuat teman sekerja di PHK pun dia tidak akan peduli, yang terpenting dia memperoleh keuntungan.

Masih banyak tipe-tipe manusia lainnya yang menyebalkan ditempat kerja, silahkan anda tambahkan sendiri, semoga kita dapat berhati-hati dari akibat buruk orang-orang yang seperti itu dan kita dapat menjaga diri kita agar tidak berlaku seperti sifat-sifat jelek tersebut.~Semilir hati.

0 comments:

Poskan Komentar

Jika sobat merasa informasi ini bermanfaat, silahkan sobat memberikan komentar. Jika sobat hendak men-COPY ARTIKEL INI, MOHON KIRANYA MENCANTUMKAN SUMBERNYA, MARI KITA SALING MENGHARGAI HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL. Jangan lupa, klik Google+ diside bar sebelah kiri