18.42
0

Tips Block SMS Masuk di Blackberry~Sobat semilir, sebagai salah satu anggota keluarga yang disebut dengan keluarga smartphone, Blackberry dilengkapi dengan berbagai fitur yang diharapkan dapat menjadi tambahan kenyamanan bagi penggunanya. Namanya juga smartphone. Kalau gak memiliki kelebihan jika dibandingkan dengan gadget lain pada umumnya, untuk apa muncul istilah smartphone atau ponsel pintar. Salah satu fitur tersebut adalah bahwa gadget yang satu ini dapat memblock SMS yang masuk, sehingga sobat semilir, tidak perlu pusing ketika ada SMS-SMS yang tidak diharapkan masuk. Misalnya SMS dari orang yang tidak diinginkan atau SMS dari operator maupun pihak ketika yang isinya iklan pemasaran. Kebanyakan SMS yang tidak kita harapkan ini hanya akan memenuhi inbox SMS dan ujung-ujungnya menghabiskan kapasitas media simpan kita. Dan kita akan repot juga menghapusnya. Karenanya kali ini saya akan berbagi mengenai fitur yang satu ini, khususnya bagi sobat yang kebetulan baru saja menggunakan gadget BB.
Sebagaimana sistem operasi yang berjalan di PC atau laptop yang memiliki Firewall, maka sistem operasi blackberry yang termasuk dalam keluarga smartphone ini juga dilengkapi fasilitas firewall. Seperti yang kita ketahui bahwa Firewall atau dinding api adalah perangkat lunak yang mengijinkan lalulintas data yang dianggap aman dan menghalangi atau memblokir lalulintas data yang dianggap membahayakan. Sesuai dengan pengertian tersebut, maka Firewall pada BB juga melakukan hal yang sama. Untuk dapat memblokir SMS masuk dari sumber yang tidak kita inginkan adalah sebagai berikut :

Pilih menu Options.
Pilih menu Security.
Pilih menu Firewall.

Beri tanda checklist pada option Enable.  Pada pilihan selanjutnya ada beberapa pilihan blokir yaitu :
  • Text Message : blokir SMS masuk.
  • PIN : blokir pesan dari BBM masuk.
  • Personal Email : blokir email perorangan yang masuk.
  • Enterprise Email : blokir email perusahaan yang masuk.
Untuk melakukan blok pada SMS masuk, beri tanda checklist pada checkbox Text Message. Prosedur ini akan memblok semua SMS masuk. Untuk memberikan pengecualian, maka kita harus memberikan Exception dengan memberikan tanda checklist pada :
  • Contacts, artinya, SMS yang berasal dari nomor yang terdaftar didalam Contact tidak akan diblokir.
  • Specifics Addresses, Phone Numbers or PINs, artinya kita dapat memasukkan nomor HP atau PIN sebagai nomor yang dikecualikan. Setelah memberikan tanda checklist, kita dapat menekan tombol Add, dilanjutkan dengan menekan tombol BB. Lalu pilih Add PIN, Add Number dsb.
Demikian sobat, semoga, sobat tidak lagi direpotkan dengan SMS Spam yang justru hanya akan memenuhi inbox kita dengan pesan-pesan yang tidak kita inginkan. ~Semilir hati.

0 comments:

Posting Komentar

Jika sobat merasa informasi ini bermanfaat, silahkan sobat memberikan komentar. Jika sobat hendak men-COPY ARTIKEL INI, MOHON KIRANYA MENCANTUMKAN SUMBERNYA, MARI KITA SALING MENGHARGAI HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL. Jangan lupa, klik Google+ diside bar sebelah kiri