Darah Tinggi Atau Hipertensi~Sobat semilir, kali ini kita akan bercerita sebuah penyakit yang salah satu tanda-tandanya ditandai dengan "sering marah-marah", sehingga orang selalu mengatai orang yang lagi marah dengan nyeletuk "tensi nya lagi naik". Sebenarnya tidak salah celetukan demikian, karena memang salah satu tanda dan gejala yang muncul dari hipertensi adalah mudah emosi dan marah.
Hipertensi adalah Tekanan Darah Yang Lebih Dari Normal. Tekanan darah normal pada usia lanjut adalah :

  1. Sistole 140-160 mmHg
  2. Diastole 80-90 mmHg
Secara umum, dapat dikatakan bahwa Sistole adalah angka yang diatas, Diastole adalah angka yang dibawah. Jadi jika sobat membaca hasil pengukuran tekanan darah yang tertulis 140/85 artinya Sistole 140 dan Diastole adalah 85.
Tikatan hipertensi adalah :
  1. Hipertensi Rendah. Sistole 140-160, Diastole 90-95
  2. Hipertensi Sedang. Sistole 160-179, Diastole 100-109
  3. Hipertensi Berat. Sistole >= 180, Diastole >= 110
Lebih dari 60% penderita hipertensi tidak mengeluh namun tanda gejala umum yang sering ditemukan adalah :
  1. Sakit kepala
  2. Rasa berat ditengkuk
  3. Mudah emosi/marah
  4. Sukar tidur
  5. Sesak nafas
  6. Keletihan
  7. Mata berkunang-kunang
  8. Jantung berdebar-debar 
Penyebab hipertensi 90% tidak diketahui secara pasti, namun biasanya sangat dipengaruhi oleh :
  1. Keturunan
  2. Kegemukan
  3. Kebiasaan merokok
  4. Memakan makanan yang banyak mengandung garam
  5. Makanan berkolesterol tinggi
  6. Stress
  7. Sakit gula/kencing manis/diabetes
  8. Sakit Ginjal
Bila penyakit ini dibiarkan berlarut-larut dengan arti tidak ada upaya untuk mengobati, maka lambat laun akan mengakibatkan :
  1. Payah jantung. Sesak nafas setelah bekerja atau melakukan kegiatan, lekas lelah, kaki bengkak, lama kelamaan akan menyebabkan penurunan otot jantung
  2. Stroke. Stroke adalah kondisi dimana pembuluh darah keotak pecah atau terjadi gangguan peredaran darah serta lumpuh sebelah.
  3. Penyakit ginjal. Gangguan saluran kencing dan lain-lain.
Perawatan hipertensi sebaiknya melakukan hal-hal sebagai berikut :
  1. Pengaturan makanan, kurangi makanan yang bergaram tinggi seperti ikan asin, makanan kaleng, keju dan lain-lain, mengurangi gajeboh, usus, hati, jantung, otak serta makanan bersantan.
  2. Lakukan Olah raga ringan dengan teratur untuk meningkatkan kebugaran tubuh seperti jalan kaki, sepeda santai dan lain-lain.
  3. Berhenti merokok
  4. Istirahat yang cukup
  5. Menghindari minuman beralkohol. Kalau yang satu ini jelas-jelas sudah diharamkan oleh Islam, itu artinya, mudharatnya banyak, disamping dosa, jadi hindarilah !
  6. Mengendalikan berat badan, dengan artinya jangan terlalu gemuk dan jangan terlalu kurus.
  7. Periksa kesehatan secara teratur.
  8. Berdoa kepada Allah azza wajalla agar senantiasa diberi kesehatan agar dapat melaksanakan ibadah dan aktifitas dengan baik.
Ada baiknya sobat sediakan peralatan untuk mengukur hipertensi dirumah berupa tensimeter raksa dan stetoskop. Jika tidak ingin repot, beli saja tensimeter digital. Demikian sobat, sedikit info mengenai hipertensi, semoga bermanfaat.~Semilir hati

0 comments:

Poskan Komentar

Jika sobat merasa informasi ini bermanfaat, silahkan sobat memberikan komentar. Jika sobat hendak men-COPY ARTIKEL INI, MOHON KIRANYA MENCANTUMKAN SUMBERNYA, MARI KITA SALING MENGHARGAI HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL. Jangan lupa, klik Google+ diside bar sebelah kiri