19.09
0

Surfing Aman Dengan Chrome~Sobat semilir, setelah sebelumnya menggunakan fitur yang disediakan oleh chrome, kita dapat mengamankan kegiatan surfing anak-anak dirumah, sehingga diharapkan mereka terhindar dari dampak-dampak negatif penggunaan internet, kali ini kita akan membahas fitur lain dari chrome berupa extension yang dapat membuat kegiatan surfing kita menjadi aman dan nyaman tanpa rasa was-was. Kenapa harus was-was ? Karena diluar sana, banyak sekali website atau situs yang disusupi script-script jahat yang dapat membahayakan perangkat komputer kita bahkan membahayakan transaksi-transaksi yang kita lakukan, seperti online shopping. Atau transaksi internet banking yang mengakibatkan data-data penting kita dicuri oleh orang-orang yang bermaksud jahat.
Tanpa kita ketahui dan kita sadari, ketika kita mengakses situs-situs tertentu, ternyata ada penyusupnya, dan Chrome menyediakan extension tertentu untuk memberikan indikasi atau peringatan awal kepada kita, apakah mengakses situs tersebut aman atau tidak, setelah chrome memberikan grade keamanan sebuah situs, eksekusi akhir dikembalikan kepada pengguna, apakah tetap memutuskan untuk mengakses situs tersebut atau tidak. Sebenarnya rating ini diperoleh melalui banyaknya jumlah pengunjung pada sebuah situs, artinya, semakin banyak jumlah pengunjung sebuah situs, maka dinilai bahwa situs tersebut dapat dipercaya, sebaliknya semakin sedikit pengunjung sebuah situs maka dinilai bahwa situs tersebut tidak populer atau belum di rating secara sistem. Ketidak populeran ini salah satunya bisa disebabkan oleh penilaian pengunjung bahwa situs ini memiliki konten yang berbahaya sehingga pengunjungnya sedikit.
Extension yang akan kita bahas kali ini adalah WOT atau Web of Trusts. Fitur ini juga ada pada browser Mozilla Firefox. Untuk dapat menggunakan extension ini, pengguna dapat berkunjung ke Chrome Webstore, dan mengetikkan WOT pada kw pencarian atau memilih menu extension, alat penelusuran.


Pada halaman diatas, sobat tinggal klik saja tombol tambahkan ke Chrome sehingga muncul halaman konfirmasi seperti gambar berikut ini :


Setelah dikonfirmasi dengan cara klik tombol pasang, proses instalasi akan berlangsung singkat sehingga muncul pemberitahuan disudut kanan atas bahwa WOT telah terpasang seperti gambar berikut ini :


Selanjutnya akan muncul beberapa pilihan mode yang dapat sobat pilih, apakah Basic, Light atau Parental Control seperti gambar berikut ini :


Untuk dapat mengakses semua fitur WOT yang ada, kita diminta untuk melakukan proses register seperti gambar berikut ini :


Akhiri dengan melakukan penyimpanan, klik tombol Save. Maka dengan ini, WOT telah terpasang, disetiap serp akan ditampilkan lambang dari rating sebuah situs. Gambar tersebut seperti salah satu gambar berikut ini :
Gambar lingkaran dibelakang adalah rating yang dimiliki oleh sebuah situs.


Kita juga dapat ikut berpartisipasi memberikan rating terhadap sebuah situs, sehingga orang lain akan terjaga dari kemungkinan-kemungkinan buruk dari mengakses sebuah situs. Caranya dengan mengklik icon WOT yang ada disudut kanan atas Chrome dan klik atau berikan rating situs yang sobat akses.



Ini namanya saling mengingatkan dan tolong menolong didunia maya. Hehehe, semoga bermanfaat.~Semilir hati

0 comments:

Posting Komentar

Jika sobat merasa informasi ini bermanfaat, silahkan sobat memberikan komentar. Jika sobat hendak men-COPY ARTIKEL INI, MOHON KIRANYA MENCANTUMKAN SUMBERNYA, MARI KITA SALING MENGHARGAI HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL. Jangan lupa, klik Google+ diside bar sebelah kiri