04.40
0

Fitur Google Chrome Yang Belum Diketahui Secara Umum~Sobat semilir, siapa sih netter yang hari ini tidak mengenal Chrome ? Browser besutan perusahaan search engine raksasa Google yang merupakan saingan IE, Mozilla Firefox, Opera, Netscape, Safari dan browser-browser lainnya. Browser-browser tersebut saling berlomba untuk menjadi search engine leader dengan unggulan-unggulan fitur masing-masing yang kira-kira dapat menarik hati para netter. Kalau sobat belum mencoba, sayang sekali, karena yang saya rasakan, hari ini dari sisi kecepatan, Chrome belum ada tandingannya dibanding browser-browser lainnya. Kalau belum menginstall chrome, silahkan sobat download DISINI. Meskipun browser ini sudah diluncurkan semenjak 2 September 2008 lalu dan versi terbaru yaitu versi 14.0.835 sudah dirilis 20 Juni 2011 lalu, tapi saya yakin belum banyak diantara kita bahwa Chrome memiliki rahasia-rahasia yang belum kita ketahui secara umum.
Masih banyak Fitur Google Chrome Yang Belum Diketahui Secara Umum. Berikut ini saya akan beberkan beberapa fitur-fitur unggulan Chrome yang konon lebih canggih dari browser-browser lainnya buat sobat semilir :

  1. Incognito (Control + Shift + N). Sobat ingin browsing tanpa meninggalkan jejak ? Fitur ini memungkinkan sobat untuk browsing secara menggunakan browser, karena dengan fitur tidak akan meninggalkan jejak baik search history dan cookies. Jadi kalau sobat tidak yakin akan situs yang dikunjungi atau tidak ingin orang lain di tempat kerja tahu sobat mengunjungi sebuah situs, fitur ini tentu berguna. Tapi jangan buat mengakses situs yang tergolong satu itu ya...hehehe
  2. Alt + Home atau Control + T. Menampilkan semua situs beserta bookmark yang pernah dibuka oleh netter sebelumnya dalam bentuk thumbnail. Fitur yang sama juga terdapat pada Opera serta berupa add ons pada FireFox. Alt + Home membuka situs pada halaman yang sama, Control + T membuka situs pada halaman baru.
  3. Control + Shift + T. Jika sebuah tab secara tidak sengaja tertutup oleh sobat, maka tab tersebut dapat dibuka kembali menggunakan fitur ini. Google Chrome bisa mengingat 10 tab yang tidak sengaja ditutup. Asyik bukan ? Apalagi jika yang tidak sengaja ditutup adalah halaman yang lama kita cari dengan susah payah.
  4. Control + Tab (Control + Shift + Tab). Tombol ini untuk berpindah dari satu tab ke tab yang lain. Control + tab untuk maju dan Control + Shift + Tab untuk mundur. Cara lainnya untuk langsung ke posisi yang tuju secara urut adalah dengan shortcut Control + 1, Control + 2 s.d Control + 9.
  5. Seperti halnya Mozilla Firefox, Chrome juga memungkinkan untuk membuka Link Situs Dengan Cepat, yaitu dengan klik pada mouse scroll atau netter langsung klik dan drag link ke tab browser.
  6. Control + D. Bookmark Situs Dengan Cepat atau klik tanda bintang pada bagian kiri dari address bar dari browser. 
  7. Address bar Chrome juga bisa berfungsi sebagai seacrh page yang langsung ke search engine yang kita inginkan. Misalnya sobat tulis sebuah KW di address bar, maka Chrome langsung akan menampilkan hasil pencarian Google sesuai KW yang diketikkan di address bar.
  8. Control + B. Untuk menghilangkan dan menampilkan tanda Bookmark dengan cepat..
  9. Control + H. Tombol ini digunakan untuk menampilkan serta membuka semua situs yang pernah dikunjungi (history) dengan cepat. Jika sobat ingin menghapus history situs yang pernah dikunjungi pada hari tersebut, maka klik menu delete history for this day pada bagian kanan atas.
  10. Control + J. Akan membuka windows download file. Tombol ini juga terdapat pada Mozilla Firefox.
  11. Shift + Escape. Jika sobat ingin mengetahui penggunaan source memory dari sebuah site yang sobat kunjungi, sobat bisa gunakan tombol ini sehingga sobat bisa segera menutup Tab yang berpotensi menyebabkan Chore menjadi Hang.
  12. about: plugins & about:crash. Masukkan kata-kata about: plugins pada address bar untuk melihat plugins apa saja yang terinstall pada Chrome. Dan about:crash untuk melihat tab mana yang membuat Chrome crash, freeze atau hang. Fitur lainnya: about:stats, about:network, about:histograms, about:memory, about:cache, about:dns, about:internets
  13. Akses menu pada Chrome. Jika sobat ingin melakukan pengaturan sehingga Chrome tidak lagi menerapkan konfigurasi standar, maka sobat bisa mengakses menu-menu untuk meng-customize ataupun optimize pada bagian kanan pada browser. Pilihlah menu yang ada gambar ‘Kunci Inggris’ lalu pilihlah option. Di dalamnya terdapat banyak pilihan seperti menjadikan Chrome sebagai default browser, mengganti default Search, mengganti bahasa, dan lain sebagainya.
Banyak sekali bukan ? Saya yakin belum semua fitur diatas kita coba, semoga bermanfaat~Semilir hati

0 comments:

Posting Komentar

Jika sobat merasa informasi ini bermanfaat, silahkan sobat memberikan komentar. Jika sobat hendak men-COPY ARTIKEL INI, MOHON KIRANYA MENCANTUMKAN SUMBERNYA, MARI KITA SALING MENGHARGAI HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL. Jangan lupa, klik Google+ diside bar sebelah kiri